Korelasi Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Nuhidayah, Alfina (2022) Korelasi Perhatian Orang Tua Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180007_ALFINA NURHIDAYAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nurhidayah, Alfina. 2022. Korelasi Perhatian Orang Tua dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV MI Ma’arif Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Kurnia Hidayati, M.Pd.

Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Minat Belajar

Belajar dan hasil belajar tidak hanya tergantung pada kecemerlangan otak saja, akan tetapi meliputi sikap, minat belajar siswa dan kebiasaan belajar serta faktor yang berasal dari luar siswa juga mempunyai pengaruh dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Peran orang tua adalah salah satu faktor yang berasal dari luar individu yang memberikan pengaruh besar bagi pendidikan anak adapun minat belajar menjadi faktor yang berasal dalam diri anak.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui perhatian orang tua siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak tahun ajaran 2021/2022. (2) Mengetahui minat belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak tahun ajaran 2021/2022. (3) Mengetahui adakah korelasi perhatian orang tua dengan minat belajar siswa kelas IV di MI Ma’arif Mayak tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas IV yang berjumlah 109 siswa, dengan jumlah sampel sebayak 80 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert untuk mengumpulkan data perhatian orang tua dan minat belajar. Uji validitas menggunakan penilaian ahli dan uji reliabilitas dengan konsistensi internal menggunakan teknik belah dua dengan rumus spearman brown. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana.
Berdasarkan analisis data dan penelitian dapat disimpulkan: (1) Tingkat perhatian orang tua siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tahun Ajaran 2021/2022 termasuk dalam katagori sedang, nilai 56-78 dengan frekuensi sebanyak 53 siswa atau 66,25%. (2) ) Tingkat minat belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tahun Ajaran 2021/2022 dalam kategori sedang, dengan perolehan skor 53-74 sebanyak 57 siswa atau 71,25%. (3) terdapat korelasi yang cukup signifikan anatara perhatian orang tua dengan minat belajar siswa kelas IV MI Ma’arif Mayak Tahun Ajaran 2021/2022 pada taraf signifikan 5% dengan koefisien korelasi 0,406 dan rtabel sebesar 0,219.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:50
Last Modified: 12 Sep 2022 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20520

Actions (login required)

View Item View Item