Pendidikan Akhlak Dalam Hadis Arba’i<n Al-Nawawiyah Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah

Munawaroh, Ely Khamidatul (2022) Pendidikan Akhlak Dalam Hadis Arba’i<n Al-Nawawiyah Dan Relevansinya Dengan Materi Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180041_ELY KHAMIDATUL MUNAWAROH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Munawaroh, Ely Khamidatul. 2022. Pendidikan Akhlak dalam Hadis Arba’i>n al-Nawawiyah dan Relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Sugiyar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Hadis Arba’i>n al-Nawawiyah, Materi Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan akhlak sudah banyak dijumpai baik di lingkungan rumah, masyarakat maupun dalam instansi pendidikan. Meskipun begitu, penerapan akhlak dalam kehidupan sehari-hari dinilai masih kurang. Karena masih ditemukan berbagai perilaku yang tidak sesuai dengan yang semestinya. Padahal banyak sumber yang menjelaskan tentang pendidikan akhlak. Diantaranya sumber utama pendidikan akhlak berasal dari al-Qur’an dan hadis Nabi Muhammad Saw. Selain itu, juga terdapat dalam beberapa kitab berbahasa arab karya ulama terdahulu, seperti kitab al-arba’i>n al-nawawiyah karyanya Imam Nawawi serta dalam karya-karya berbahasa Indonesia yang mudah difahami.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pendidikan akhlak yang terkandung dalam hadis arba’i>n al-nawawiyah dan mendeskripsikan relevansinya terhadap materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah.
Metode penelitian yang digunakan penulis adalah dengan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan). Sumber data yang digunakan adalah kitab Sharh} al-Arba’i>n al-Nawawiyah dan referensi lainnya yang berkaitan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dengan teknik analisis data content analysis (analisis isi).
Berdasarkan analisis data, penulis menemukan 10 hadis yang mengandung pendidikan akhlak. Pendidikan akhlak kepada Allah terdapat dalam hadis ke-18 dan 19 tentang takwa, tawakal, taubat dan berdoa. Pendidikan akhlak kepada sesama manusia terkandung dalam hadis ke-7 tentang nasihat, hadis ke-15 tentang berbicara baik, memuliakan tamu dan memuliakan tetangga, hadis ke-16 tentang menahan amarah, hadis ke-20 tentang malu, hadis ke-26 saling membantu, hadis ke-35 tentang tidak saling mendengki, membenci menipu dan berpaling, dan hadis ke-36 tentang tolong menolong. Pendidikan akhlak kepada hewan terdapat pada hadis ke 17 tentang berbuat baik kepada hewan yang akan disembelih. Pendidikan akhlak kepada Allah tersebut relevan dengan materi akidah akahlak di kelas satu, dua, tiga, empat dan enam. Materinya tentang kisah teladan para Nabi dan sahabat Nabi, memohon ampun dengan istighfar, dan adab-adab mandi, berpakaian dan belajar. Pendidikan akhlak kepada sesama manusia relevan dengan materi akidah akhlak kelas satu materi sopan santun dan berkata baik, kelas tiga materi adab terhadap tetangga, materi kelas lima akhlak terpuji, materi kelas enam akhlak tercela, kelas empat akhlak terpuji, kelas satu berperilaku jujur, kelas tiga materi akhlak terpuji tolong menolong. Hadis ke-20 tidak relevan dengan materi akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah. Pendidikan akhlak kepada hewan relevan dengan materi akidah akhlak kelas enam tentang akhlak kepada hewan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:42
Last Modified: 12 Sep 2022 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20514

Actions (login required)

View Item View Item