Implementasi Program Kerja Pengurus Bidang Keamanan Dalam Peningkatan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo

Mahmudah, Ulfa (2022) Implementasi Program Kerja Pengurus Bidang Keamanan Dalam Peningkatan Kedisiplinan Santri Putri Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 210316422 ULFA MAHMUDAH New.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kedisiplinan adalah suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan dan ketertiban. Dalam melakukan pendisiplinan santri pondok pesantren dikenal sebagai lembaga pendidikan yang tinggi tingkat Kedisiplinannya. Namun seiring dengan perkembangan pesantren masih terdapat banyak santri yang melanggar peraturan pondok pesantren. Agar tercipta lingkungan yang tertib maka perlu adanya suatu manajemen yang baik yang dapat membantu dalam hal pelaksanaan pencapaian tujuan, seperti dibentuknya pengurus bidang keamanan yang bertugas mendisiplinkan santri.
Fokus penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan implementasi program kerja pengurus bidang keamanan dalam peningkatan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo, (2) untuk memaparkan faktor pendukung dan penghambat dalam peningkatan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo, (3) untuk mendiskripsikan implikasi program kerja pengurus bidang keamanan dalam peningkatan kedisiplinan santri putri di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Hasan Babadan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi berperan serta, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program kerja pengurus bidang keamanan dalam peningkatan kedisiplinan santri dapat tercapai dengan baik melalui beberapa tahapan, yang pertama tahap perencanaan, kedua tahap pengorganisasian, ketiga tahap pelaksanaan dan terakhir yaitu pengawasan. 2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat program kerja pengurus bidang keamanan dalam peningkatan kedisiplinan santri. Faktor pendukung internal yaitu ketua pondok, pengurus bidang keamanan dan bidang lain, faktor pendukung eksternal yaitu pengasuh pondok, santri dan wali santri. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran santri, kurangnya motivasi dan lingkungan pertemanan. 3) Dampak positif dari adanya program kerja pengurus bidang keamanan yaitu berkurangnya santri yang melanggar peraturan sedangkan dampak negatifnya yaitu terdapat beberapa santri yang semakin menentang pengurus dan tidak mau menaati peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:41
Last Modified: 12 Sep 2022 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20509

Actions (login required)

View Item View Item