Potensi Pembelajaran dalam Surat An-Nahl Ayat 78 untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Menurut Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Mustafa Al-Maraghi

Zubaidah, Alfiani (2022) Potensi Pembelajaran dalam Surat An-Nahl Ayat 78 untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Menurut Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Mustafa Al-Maraghi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
205180002_ALFIANI ZUBAIDAH_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Zubaidah, Alfiani. Potensi Pembelajaran dalan Surat An-Nahl Ayat 78 untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini Menurut Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Mustafa Al-Maraghi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing Safiruddin Al Baqi, M.A.

Kata Kunci: Potensi Pembelajaran, Penafsiran Surat An-Nahl Ayat 78, Karkter Anak Usia Dini

Islam menjadikan orang tua sebagai suri tauladan yang baik bagi anak-anaknya. Berinteraksi dengan anak dewasa ini merupakan seni yang sulit bagi kebanyakan orang tua. Masih ditemukan orang tua yang belum memahami kewajiban untuk mendidik anak dengan menanamkan nilai karakter. Hal ini sangat memperihatinkan bagi tumbah kembang agama dan moral anak pada masa selanjutnya. Oleh karena itu, orang tua harus memahami potensi-potensi yang dimiliki anak dan membantu mengembangkan dengan berlandaskan al-qur’an. Dalam al-qur’an surat an-nahl ayat 78 Allah berfirman mengenai potensi-potensi yang dibawa manusia sejak lahir sehingga dapat dikembangklan untuk memberikan pembelajaran pada anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah lebih dalam tentang potensi yang dapat digunakan utuk memberikan pembelajaran karkter pada anak usia dini dengan memperdalam ayat al-qur’an surat an-nahl ayat 78 yang ditafsiri menggunakan tafsir Al-Maraghi karya Ahmad Mustafa al-maraghi. Selain itu dalam penelitian ini juga mendeskripsikan metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan potensi-potensi tersebut.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Data yang digunakan berupa data sumber primer terjemah tafsir al-Maraghi karya Ahmad Mustafa al-maraghi. Sedangkan untuk data sekunder berupa buku-buku pendukung yang terkait dengan pendidikan karakter. Dalam metode pengumpulan data pembahasannya menggunkan metode dokumentasi yaitu teknik kepustakaan. Analisi data yang digunakan berupa analisis isi (content analysis).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat tiga potensi dalam surat an-nahl ayat 78: potensi pendengaran, potensi pengelihatan, dan potensi hati/akal. Adapun metode yang digunakan untuk membantu mengembangkan potensi-potensi tersebut adalah; ceramah sebagai pengembang potensi pendengaran. Uswatun hasanah digunakan untuk mengembangkan potensi pengelihatan. Dan metode inquiri digunakan untuk mengembangkan potensi hati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Safiruddin Al-Baqi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 12 Sep 2022 02:40
Last Modified: 12 Sep 2022 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20508

Actions (login required)

View Item View Item