..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI MI MA’ARIF SETONO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Soimatun, Isna (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN METODE JARIMATIKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN SOAL PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN DI MI MA’ARIF SETONO PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Isna soimatun_203180058.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Soimatun, Isna. 2022. Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan
Pemecahan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan di MI Ma’arif Setono Tahun
Ajaran 2022/2023, Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing, Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd
Kata kunci : Metode Jarimatika, Kemampuan Pemecahan Soal
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan kesulitan siswa dalam operasi hitung bilangan
di MI Ma’arif Setono Ponorogo Tahun Ajaran 2022/2023. Dikarenakaan banyaknya kendala
dalam proses perhitungan dan pada umumnya siswa menggunakan metode menghafal,
sehingga dalam operasi bilangan puluhan siswa akan kesulitan, dan metode menghafal ini
dikatakan kurang tepat dalam permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini menggunakan
metode jarimatika dengan alasan lebih mudah dan lebih cepat digunakan dalan melakukan
perhitungan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui aktivitas siswa alam proses
pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan soal penjumlahan dan
pengurangandi MI Ma’arif Setono Tahun Ajaran 2022/2023, (2) untuk mengetahui
kemampuan pemecahan soal penjumlahan pengurangan siswa kelas I MI Ma;arif Setono
Tahun Ajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua
siklus, setiap siklusnya meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data
diperoleh dari subjek penelitian yaitu siswa kelas I MI Ma’arif Setono yang berjumlah 19
siswa.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan Metode Jarimatika dapat
meningkatkan keaktifan siswa kelas 1 MI Ma’arif Setono. Pada siklus I keaktifan siswa
menunjukkan angka dengan presentase 71,05%. Kemudian pada siklus II keaktifan siswa
menunjukkan angka presentase 84,86%. Hal ini menunjukkan bahwa keaktifan siswa
meningkat dengan presentase 13,81%. (2) Penerapan Metode Jarimatika dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan soal penjumlahan dan pengurangan siswa, pada siklus I jumlah siswa
yang memperoleh predikat “Tuntas” berjumlah 13 siswa dengan presentase 68,42%, di siklus
II meningkat menjadi 19 siswa dengan presentase 94,84%. di siklus II semua siswa sudah
masuk pada kategori tuntas. Dengan demikian metode jarimatika dapat meningkatkan
kemampuan pemecahan soal penjumlahan dan pengurangan di MI Ma’arif Setono Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:29
Last Modified: 09 Sep 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20505

Actions (login required)

View Item View Item