PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BENDO TAHUN AJARAN 2021/2022

Marhennisma, Rexy Diah Ayu Putri (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MIND MAPPING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BENDO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180029_REXY DIAH AYU PUTRI MARHENNISMA_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap mata pelajaran tentunya menghendaki adanya pencapaian tujuan pembelajaran, salah satunya adalah mata pelajaran IPS terpadu yang menghendaki adanya pencapaian kompetensi belajar yang telah diperoleh siswa setelah melalui kegiatan pembelajaran. Namun demikian, rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di SMP Negeri 1 Bendo disebabkan oleh beberapa faktor yaitu model atau metode pembelajaran yang diterapkan kurang bervariasi, kurangnya penggunaan media pembelajaran yang menarik, serta kegiatan pembelajaran siswa cenderung hanya mendengarkan penjelasan guru untuk dihafalkan. Dengan demikian, untuk menciptakan suasana pembelajaran yang mampu mendorong siswa untuk dapat aktif, kreatif, inovatif, mandiri dan berfikir kritis dibutuhkan penggunaan model pembelajaran berbasis mind mapping dan gaya belajar yang dapat dijadikan alternatif dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu. Mind mapping berfungsi untuk menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri siswa, sedangkan gaya belajar berfungsi untuk membantu kemudahan siswa dalam belajar yang disesuaikan dengan karakteristik individu.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping dan gaya belajar visual terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Bendo tahun ajaran 2021/2022. (2) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping dan gaya belajar auditorial terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Bendo tahun ajaran 2021/2022. (3) Pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping dan gaya belajar kinestetik terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Bendo tahun ajaran 2021/2022. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bendo. Ada 48 siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS terpadu dijadikan sampel penelitian. Sampel ini diambil dengan teknik simple random sampling dari populasi yang terdiri dari 238 siswa. Penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan (1) Penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping (x1) dan gaya belajar visual (x2) berpengaruh sebesar 24,883% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (y). (2) Penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping (x1) dan gaya belajar auditorial (x2) berpengaruh sebesar 22,733% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (y). (3) Penerapan model pembelajaran berbasis mind mapping (x1) dan gaya belajar kinestetik (x2) berpengaruh sebesar 24,632% terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu (y). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa secara umum penerapan model pembelajaran berbasis mind mappingdan gaya belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP Negeri 1 Bendo tahun ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 02:04
Last Modified: 09 Sep 2022 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20495

Actions (login required)

View Item View Item