Finger Painting Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Usia Dini Di KB Merak Ponorogo

Wasilah, Ana Rifqi (2022) Finger Painting Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Usia Dini Di KB Merak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
205180028_ANA RIFQI WASILAH_PIAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Wasilah, Ana Rifqi. 2022. Finger Painting Sebagai Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Usia Dini Di KB Merak Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yuli Salis Hijriyani, M.Pd..
Kata Kunci : Finger Painting, Media Pembelajaran, Perkembangan Seni, Anak Usia Dini.
Media Pembelajaran sangat penting dalam proses pembelajaran dan pengembangan perkembangan anak, Finger painting teknik atau cara melukis menggunakan jari dengan mencoret-coret menggunakan cat secara langsung di media lukis. Perkembangan seni sangat penting bagi anak. Kegiatan kesenian dapat membuat anak menjadi kreatif, karena adanya penggunaan alat dan bahan yang memicu anak untuk ingin tahu dengan begitu akan dapat terjadi pengalaman edukatif pada diri anak. Kegiatan dalam mengembangkan seni masih kurang di dalam media yang monoton, sehingga perlu adanya sebuah kegiatan yang menarik seperti hal di KB Merak Ponorogo yang kadang masih menggunakan krayon dan pensil warna biasa, bisa diganti dengan kegiatan permainan cat yang menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui kegiatan finger painting di KB Merak Ponorogo, (2) Mengetahui faktor yang mempengaruhi kegiatan finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan stimulasi perkembangan seni anak usia dini di KB Merak Ponorogo, (3) Mengetahui hasil capaian perkembangan seni melalui finger painting di KB Merak Ponorogo. Adapun data dalam penelitian ini adalah kata-kata dan dokumen, sedangkan sumber datanya yaitu informan dari kepala sekolah, guru kelas dan guru pendamping. sumber data tertulis dalam bentuk dokumen dan buku. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara pengamatan dan dokumentasi. Adapun teknik Miles dan Hurbermn yakni meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa di KB : (1) Langkah-langkah finger painting sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan stimulasi perkembangan seni anak usia dini di KB Merak Ponorogo yaitu teknik yang digunakan membuat lukisan dengan jari dan cat dalam proses meningkatkan perkembangan seni anak, (2) Dua faktor yang mempengaruhi perkembangan seni anak di KB Merak Ponorogo yaitu faktor Internal dan Eksternal, Faktor internal yaitu genetik dan bawaan lahir anak dan Faktor eksternal yang paling menentukan dalam pembelajaran yang dapat mengembangkan seni anak adalah dengan media pembelajaran menggunakan finger painting, (3) Capaian finger painting sebagai media pembelajaran terlihat anak dapat melalalui proses membentuk pola, membuat goresan, membentuk gambar dan melukis gambar. Berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak melalui kegiatan finger painting sebagai media pembelajaran terlihat dapat meningkatkan perkembangan seni anak di KB Merak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:54
Last Modified: 09 Sep 2022 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20488

Actions (login required)

View Item View Item