..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN REMAJA DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PROGRAM JIMPITAN DI KELURAHAN BANGUNSARI DOLOPO MADIUN

Malik, Abdull (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN REMAJA DALAM MENINGKATKAN KEPEDULIAN SOSIAL DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PROGRAM JIMPITAN DI KELURAHAN BANGUNSARI DOLOPO MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
2011802_ABDULL MALIK_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Malik, Abdull. 2022. Peran Remaja Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial dan Tanggung Jawab Melalui Program Jimpitan di Kelurahan Bangunsari kecamatan Dolopo.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA.
Kata kunci: Jimpitan, Kepedulian Sosial, Tanggung Jawab
Manusia dalam kehidupan bermasyarakat tentunya tidak dapat hidup dengan mementingkan dirinya sendiri saja. Manusia merupakan makhluk sosial yang artinya manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Oleh karena itu, manusia harus hidup bersosial dengan manusia lain agar kebutuhan hidupnya dapat terpenuhi. Mereka harus peduli dengan sesama dan mengerti satu dengan yang lainya. Kepedulian tersebut bisa berupa tolong-menolong dengan sesama, misalnya dengan gotong royong, pembiasaan menolong tetangga, dan kegiatan bersih kelurahan. Hal tersebut juga dilakukan di Kelurahan Bangunsari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana peran remaja dalam meningkatkan kepedulian sosial melalui program jimpitan di Kel. Bangunsari, Dolopo. Kab. Madiun, (2) Mengetahui bagaimana Mengetahui bagaimana peran remaja dalam meningkatkan tanggung jawab melalui program jimpitan di Kel. Bangunsari, Dolopo. Kab. Madiun, dan (3) Mengetahui bagaimana dampak dari program jimpitan di Kel. Bangunsari, Dolopo. Kab. Madiun.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi untuk mengambil data yang ada dilapangan. Adapun teknik analis datanya menggunakan 3 tambahan yaitu reduksi data, display atau penyajian data dan pengambilan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa (1)Peran para remaja dalam meningkatkan sikap kepedulian sosial melalui program jimpitan di Kelurahan Bangunsari dapat ditingkatkan melalui program jimpitan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan melakukan pembiasaan kepada para remaja untuk senantiasa melakukan tolong menolong, membantu sesama tanpa pamrih. (2)Peran remaja dalam meningkatkan sikap tanggung jawab melalui program jimpitan di Kelurahan Bangunsari dapat dilakukan dengan dilibatkanya para remaja menjadi relawan program jimpitan. Para remaja akan diberikan pembiasaan agar sikap tanggung jawab akan tertanam dalam diri remaja. (3)Dampak dari program jimpitan di Kelurahan Bangunsari memiliki dampak positif. Program jimpitan ini dapat meningkatkan kepedulian sosial, tanggung jawab para remaja serta dapat menangani masalah fasilitas umum seperti lampu penerangan jalan, pembuatan selokan, fas bungan dan mendanai kegiatan kemasyrakatan seperti hari kemerdekaan, bersih desa, kerja bakti, halal-bihalal dan acara lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:52
Last Modified: 09 Sep 2022 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20486

Actions (login required)

View Item View Item