فعالية البرنامج الإضافي في فن الخّط لترقية دوافع تعلّم مهارة الكتابة و نتائجها لطلاب بالمدرسة الإبتدائية الإسلامية الكوثردوري ساوو فونوروغو

Listiani, Dhea Nanda (2022) فعالية البرنامج الإضافي في فن الخّط لترقية دوافع تعلّم مهارة الكتابة و نتائجها لطلاب بالمدرسة الإبتدائية الإسلامية الكوثردوري ساوو فونوروغو. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
202180020_Dhea Nanda Listiani_Pendidikan Bahasa Arab.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran seni kaligrafi Arab dalam melatih keterampilan menuls adalah proses interaksi antara guru khat dengan peserta didik dalam rangka melatih menulis bentuk berupa huruf, kata-kata maupun kalimat-kalimat Arab yang baik dan benar sesuai kaidahnya dengan sentuhan nilai keindahan untuk mencapai tujuan tertentu.Berdasarkan data yang diperoleh dari wawancara yang peneliti lakukan dengan Kepala Sekolah MI Al-Kautsar, didapatkan temuan bahwamempunyai sebuah program kegiatan yang bernama “Talent Saturday” yaitu sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Kegiatan ini mempunyai berbagai macam ekstakulikuler salah satunya yaitu ekstrakulikuler kaligrafi.Berdasarkan penelitian lapangan yang sudah saya lakukan bahwa siswa di MI Al-Kautsar mempunyai kendala dalam menulis huruf arab diantaranya terdapat beberapa siswa yang kurang terampil menulis huruf Arab. fakumnya kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi selama pandemi menyebabkan anak-anak tidak mendapatkan pembelajaran kaligrafi. Padahal dengan adanya kegiatan Ekstrakurikuler Kaligrafi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis Arab.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1) seberapa efektif ekstrakulikuler kaligrafi dalam meningkatkan motivasi belajar keterampilan menulis siswa MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo (2) seberapa efektif ekstrakulikuler kaligrafi dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis siswa MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo (3) seberapa efektif ekstrakulikuler kaligrafi dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar keterampilan menulis siswa MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen, peneliti melakukan penelitian di MI Al-Kautsar Durisawo Ponorogo dan metode eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji-t dan uji Manova (analisis varians multivariat).Hasil penelitian ini adalah: (1) Motivasi belajar keterampilan menulis pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan persentase 26,64%, sedangkan pada kategori kontrol berada pada kategori baik dengan angka 23,31% (2) hasil belajar keterampilan menulis pada kelas eksperimen berada pada kategori baik dengan persentase 30%, sedangkan pada kategori kontrol berada pada kategori baik dengan angka 3,33%. (3) Keefektifan program pelengkap seni kaligrafi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar keterampilan menulis siswa MI Al-Kautsar, Durisawo, Ponorogo dengan nilai signifikansiPilae Traic, Wilk Lambda Hotelling's dan Roy's Larget Root 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Jamaluddin Shiddiq, M.Pd
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:51
Last Modified: 09 Sep 2022 01:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20485

Actions (login required)

View Item View Item