Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Jenangan Ponorogo 2020-2021

Basuki, Imron (2022) Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Jenangan Ponorogo 2020-2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180105 IMRON BASUKI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Basuki, Imron. 2022. Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan
Agama Islam di SMAN 1 Jenangan.Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kata kunci: Problematika Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama
Islam di SMAN 1 Jenangan Ponorogo.
Pembelajaran pendidikan agama islam sangat penting bagi siswa. Namun saat ini
pembelajaran tersebut terhalang oleh munculnya virus covid-19 yang berbahaya karena
penyebarannya sangat cepat. Dalam menanggapi pandemi Covid-19, Kepala SMAN 1 Jenangan
menetapkan kebijakan belajar dari rumah, melalui pembelajaran daring. Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam melalui daring ini ternyata memunculkan banyak problematika baru.
Guru SMAN 1 Jenangan juga menghadapi tantangan pembelajaran daring di banyak pondok
pesantren yang berada di sekitar sekolah.
Tujuan Penelitian di SMAN 1 Jenangan Ponorogo adalah:(1) Apa saja problematika yang
muncul pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jenangan, (2) Bagaimna cara
menghadapi kendala saat melaksanakan proses pembelajaran daring pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Jenangan.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan teknik analisis data secara deskriptif yang akan diperoleh melalui pendekatan
kualitatif dimana data-data tersebut dapat dihasilkan melalui penelitian dan kajian baik secara
teoritis maupuun empiris.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa, (1) berpegang teguh pada tugas profesional,
dan menguasai media pembelajaran daring (Google Classroom). (2) tidak mudah mudah putus
asa, dan terus belajar, serta memberikan kelonggaran waktu untuk siswa. (3) Komunikasi aktif
dengan orang tua/wali siswa melalui grup Whatsapp. (4) Secara aktif mengingatkan anak didik
untuk melaksanakan kewajiban belajarnya, serta mendampingi dan memfasilitasi untuk
pembelajaran luring.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Sutoyo. M. Ag
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:47
Last Modified: 09 Sep 2022 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20483

Actions (login required)

View Item View Item