Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMAN 1 JETIS PONOROGO

Suryanto, Agus (2022) Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Di SMAN 1 JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
211217059 AGUS SURYANTO MPI .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Suryanto, Agus. 2022. Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan
Kualitas Layanan Bimbingan Dan Konseling Studi
Kasus Di SMAN 1 Jetis Ponorogo Skripsi Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan
Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Ponorogo.Pembimbing, Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata Kunci: Manajemen Strategi, Layanan Bimbingan dan
Konseling
Manajemen yang baik adalah kunci sukses yang harus
dimiliki dan sekaligus merupakan daya saing yang paling efektif
dalam dunia pendidikan, SMA Negeri 1 Jetis merpakan sekolah
yang memiliki manajemen yang baik dalam mengelola berbagai
layanan pendidikan yang ada.salah satu sekolah yang
menggunakan manajemen strategi dalam mengelola layanan
pendidikan adalah SMA Negeri 1 Jetis, terutama pada layanan
bimbingan dan konseling, melalui perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi, SMA Negeri 1 Jetis mengelola dan meningkatkan
kualitas layanan bimbingan dan konsling di SMA Negeri 1 Jetis.
Penelitian ini terkait manajemen strategi dalam
meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di SMA
Negeri 1 Jetis. Tujuan dari penelitian ini; untuk mendeskripsikan
perencanaan manajemen strategi dalam meningkatkan kualitaslayanan bimbingan dan konseling, untuk
mendeskripsikan pelaksanaan manajemen strategi dalam
meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling, dan
untuk menganalisis evaluasi manajemen strategi dalam
meningkatkan kualitas layanan bimbingan dan konseling di SMA
Negeri 1 Jetis.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis studi kasus yang bersifat analisis deskriptif. Subyek penelitian
dalam penelititan ini adalah Kepala sekolah, Wakil kepala sekolah
bagian kesiswaan, dan Guru bimbingan dan konseling SMA Negeri
1 Jetis Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis
data menggunakan teknik analisis kualitatif Miles, Huberman, dan
Saldana, yang meliputi kondensasi, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Penelitian ini dilengkapi dengan teknik-teknik
pengkodean.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1)
Perencanaan strategi pada layanan bimbinngan dan konseling di
SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo dilaksanakan melalui beberapa
kegiatan, antara lain: pengembangan visi, misi, dan tujuan,
identifikasi faktor internal dan eksternal, perencanaan jangka
pendek, menengah, dan panjang, menentukan kebijakan sekolah,
dan menentukan strategi unggul dalam meningkatkan mutu pendidikan. 2) Pelaksanaan manajemen strategi pada
layanan bimbingan dan konseling di SMA Negeri 1 Jetis Ponorogo
mencakup pada kegiatan yang dilakukan yaitu memotivasi guru
bimbingan dan konseling, mengalokasikan sumber daya manusia,
serta mengembangkan budaya sekolah. 3) Evaluasi strategi pada
layanan bimbinngan dan konseling di SMA Negeri 1 Jetis
Ponorogo dilakukan melalui beberapa kegiatan, yaitu: memonitor
hasil kegiatan perencanaan dan pelaksanaan manajemen strategi
dan mengambil langkah perbaikan. Hasil evaluasi startegis sudah
lumayan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa bentuk
pelayanan bimbingan dan konseling dan layanan bimbingan dan
konseling mampu membantu berbagai permasalahan yang
dihadapi siswa pada zaman sekarang

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhibat
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:46
Last Modified: 09 Sep 2022 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20480

Actions (login required)

View Item View Item