Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimikri Menghafal Berbantu Media Flashcard

Fuadiah, Uli (2022) Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimikri Menghafal Berbantu Media Flashcard. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180239_ULI FUADIAH_PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fuadiah, Uli. 2021.Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Menggunakan Metode Mimikri Menghafal Berbantu Media Flashcard. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. H. Agus Tricahyo, MA.
Kata kunci : Metode mimikri menghafal, flashcard, kosakata
Metode pembelajaran serta media yang menarik merupakan kunci dari efektifnya sebuah pembelajaran. Apalagi tingkat sekolah dasar yang masih membutuhkan sesuatu yang kongret dalam proses pembelajarannya, supaya materi mudah diserap oleh siswa. Untuk mewujudkan itu semua guru berupaya menerapkan hal tersebut dalam pembelajaran bahasa Arab yang cenderung kurang diminati oleh siswa. Karena bahasa Arab merupakan bahasa Asing maka perlu dipilih metode yang tepat. Metode mimikri menghafal (mim-mem) meruoakan metode yang cocok digunakan, yakni dalam proses menghafal. Selain itu untuk menambah guru juga membutuhkan alat bantu untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap kosakata, maka dipilihlah media kartu flashcard. Yang mana penggunaan media tersebut menjadikan suasana pembelajaran menjadi lebih seru, menarik, dan tidak membuat jenuh siswa saat pembelajaran berlangsung. Kedua komponen pembelajaran tersebut diterapkan di kelas IV Al-Hakim MIN 3 Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan penerapan langkah-langkah metode mimikri menghafal berbantu media flashcard untuk meningkatkan penguasaan koasakata dalam pembelajaran bahasa Arab, (2) mendiskripsikan kekurangan dan kelebihan metode mimikri menghafal berbantu media flashcard untuk meningkatkan penguasaan koasakata dalam pembelajaran bahasa Arab. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan kelas. Sumber data dari siswa kelas IV Al-Hakim MIN 3 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Tahap-tahap penelitian yaitu: tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Pada penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa setelah penerapan langkah-langkah metode mimikri menghafal berbantu media flashcard pemahaman siswa terhadap kosakata meningkat. Dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata evaluai siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu nilai rata-rata siklus I sangat rendah yaitu 36,19, nilai rata-rata siklus II naik menjadi 67,2 termasuk dalam kriteria cukup, sedangkan pada siklus III rata-rata mencapai 80,4 dengan predikat baik sekali.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Tricahyo
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:44
Last Modified: 09 Sep 2022 01:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20475

Actions (login required)

View Item View Item