REKONSTRUKSI FIQIH IBADAH BERBASIS ADAB (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB BIDĀYAT AL-HIDĀYA; KARYA IMAM AL-GHOZALI)

Rosyidah, Umi (2022) REKONSTRUKSI FIQIH IBADAH BERBASIS ADAB (STUDI ANALISIS TERHADAP KITAB BIDĀYAT AL-HIDĀYA; KARYA IMAM AL-GHOZALI). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180226_Umi Rosyidah_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosyidah, Umi. 2022. Rekonstruksi Fiqih Ibadah Berbasis Adab (Studi Analisis Terhadap Kitab Bidāyat Al-Hidāya; Karya Imam Al-Ghazali). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. AB. Musyafa’ Fathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Fiqih Ibadah, Adab, Al-Ghazali, Kitab Bidāyat Al-Hidāya;

Manusia diciptakan dengan tujuan agar dia beribadah kepada Allah.Pada esensinya setiap permasalahan ibadah tidak bisa terlepas dari aturan Islam, semua harus dirijukkan pada sumber hukum Islam yaitu Al-Qur’an, Hadis, Ijma’ dan Qiyas, yang kesemuanya telah dirangkum dalam kitab-kitab fiqih, sehingga dalam melakukan ibadah, seseorang harus berpegang teguh dari hukum-hukum tersebut. Namun, ada hal yang lebih penting yang sering dilupakan manusia dalam beribadah yaitu adab dalam beribadah. Manusia sekarang jarang memperhatikan adab dalam beribadah, mereka hanya mengedepankan aturan yang bersifat formal dalam kajian fiqih ibadah. Padahal adab beribadah sangat berpengaruh terhadap kualitas dan kesempurnaan dalam beribadah. Dengan melihat realita ini, imam al-Ghazali sebagai sosok cendekiawan Islam memberikan perhatian penuh dengan memberikan argument mengenai fiqih ibadah yang berbasiskan adab agar manusia mampu melakukan ibadah sesuai dengan yang telah disyari’atkan oleh Allah Swt.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan pandangan imam al-Ghazali terhadap pentingnya fiqih ibadah berbasis adab, (2) menjelaskan pandangan imam al-Ghazali terhadap aspek-aspek kajian fiqih ibadah berbasis adab, (3) menjelaskan pandangan imam al-Ghazali terhadap orang yang mampu mengimplementasikan amaliah fiqih ibadah berbasis adab.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif model library research yaitu telaah yang dilaksanakan untuk memecahkan masalah yang pada dasarnya bertumpu pada penelaahan kritis dan mendalam terhadap bahan-bahan pustaka yang relevan. Data yang digunakan berupa data primer dari kitab Bidāyat Al-Hidāya; karya imam al-Ghazali. Sedangkan untuk data sekunder berupa buku-buku pendukung yang terkait dengan konsep fiqih ibadah dan adab.
Adapun hasil penelitian ini yaitu: (1) menurut pandangan imam al-Ghazali mengkaji fiqih ibadah berbasis adab sangatlah penting karena beribadah tanpa mengkaji ilmu fiqih ibadah yang berbasiskan adab dapat menyebabkan ibadah menjadi sia-sia bahkan bisa menjadikan sebuah maksiat dan berpengaruhterhadap kualitas dan kesempurnaan ibadah yang mengakibatkan diterima atau tidaknya suatu ibadah, (2) menurut pandangan imam al-Ghazali mengenai aspek-aspek fiqih ibadah berbasis adab dalam kitab Bidāyat Al-Hidāya; dapat diklasifikasikan menjadi dua yaitu adab ibadah kepada Allah dan adab terhadap diri sendiri (3) menurut pandangan imam al-Ghazali, orang yang mampu mengimplementasikan fiqih ibadah berbasis adab akan mendapatkan kebahagiaan dan keselamatan dunia dan akhirat karena telah beribadah sesuai ketentuan yang disyari’atkanoleh Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. AB.Musyafa' Fathoni, M.Pd.I.
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 09 Sep 2022 01:41
Last Modified: 09 Sep 2022 01:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20474

Actions (login required)

View Item View Item