Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo

Millah, Zahrotul (2022) Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ZAHROTUL MILLAH_SKRIPSI_ ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesulitan belajar adalah dimana peserta didik mengalami kesulitan dalam belajar seperti halnya dalam mengerjakan tugas, yang disebabkan karena gangguan neuroligis ataupun hal-hal yang lain. Selain itu kesulitan belajar dapat diartikan sebagai ketidakmampuan anak untuk menyelesaikan tugas-tugas yang telah diberikan oleh guru dalam belajar sehingga menyebabkan prestasi belajar yang rendah. Kesulitan belajar ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena kecapean, bukan bakatnya, bukan minatnya, motivasi yang kurang, kemudian faktor keluarga yang kurang mendukung dan lain sebagainya. Di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo terdapat beberapa peserta didik yang mengalami kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam yang disebabkan karena materi yang sulit difahami, sulit dalam membaca Al-Qur’an, kemudian kesulitan dalam menghafalkan ayat, dan terdapat rasa malas yang terdapat dalam diri peserta didik karena kalau pembelajaran dilakukan secara blok maka saat daring pembelajaran tidak dapat berjalan secara maksimal, dan ketika pembelajaran dilakukan secara daring itu sulit dalam memahami materi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Proses Pembelajaran PendidikanAgama Islam di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo, (2) Masalah kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam yang dialami siswa di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo, (3) Cara guru dalam mengatasi siswa yang mengalami kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Kemudian subjek penelitian yang digunakan adalah guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Jenangan Ponorogo dan peserta didik yang mengalami kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam. Sedangkan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan model Miles and Huberman. Data diperoleh dari wawancara dan observasi. Pada saat wawancara peneliti menganalisis jawaban dari hasil wawancara dan melihat dari observasi di lapangan. Teknik analisis data ini dilakukan secara terus menerus hingga datanya jenuh.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak selalu berjalan lancar terkadang juga terdapat masalah saat proses pembelajaran berlangsung, dalam belajar Pendidikan Agama Islam di kelas tidak selamanya peserta didik mendengarkan, jadi pembelajaran tergantung dengan keadaan setiap individu. (2) masalah kesulitan belajar Pendidikan Agama Islam yang dialami siswa dalam membaca Al-Qur’an, memahami materi seperti materi sejarah Islam, Tawid, Haji dan wakaf kemudian kurangnya waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam karena pembelajaran yang relative singkat yang hanya dilakukan 1 jam saja setiap pertemuan, selain itu di dalam diri siswa ini kurang semangat dan motivasi dalam belajar, (3) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi siswa yang mengalami kesulitan dalam membaca Al-Qur’an dengan menggunakan pendekatan proses, kemudian kesulitan dalam memahami materi dengan mengulang materi tersebut ataupun dengan pendekatan problem solving dimana guru membantu siswa dalam menyelesaikan masalah kesulitan memahami materi, dengan cara membuatkan ringkasan materi. Kemudian upaya yang dilakukan dalam mengatasi waktu pembelajaran yang singkat dengan memberikan tugas tambahan kepada peserta didik agar mereka lebih giat dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:58
Last Modified: 08 Sep 2022 00:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20468

Actions (login required)

View Item View Item