Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak dan Perilaku Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Fie Sabilil Mutaqien Tahun Ajaran 2021/2022

Rosyidah, Qoni'atul (2022) Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak dan Perilaku Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Fie Sabilil Mutaqien Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi A5 Tesis + WATERMARK.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Rosyidah, Qoni’atul, 2022, Pengaruh Penguasaan Materi Akidah Akhlak Terhadap Perilaku Siswa Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTS Fie Sabillil Muttaqien Tempurjo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri. Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd. I
Kata Kunci : Penguasaan Materi Periaku Siswa, Hasil Belajar
Hasil belajar merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melaksanakan proses pembelajaran dengan perubahan pola pikir dan tingkah laku dari dalam diri siswa. Ada banyak faktor yang mempengaruhi hasil belajar tetapi dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Namun realitanya di MTs Fie Sabillil Muttaqien Tempurjo yang rata-rata siswanya anak pondok pesantren banyak siswa yang nilai akidah akhlaknya dibawah KKM. Penguasaan materi dalam pembelajaran sangat berpengaruh dalam hasil belajar serta perilaku dan kedisiplinan siswa yang mampu mendorong siswa untuk meningkatkan belajarnya. Oleh karena hal itulah yang menarik penulis untuk meneliti apakah pengaruh penguasaan materi dan perilaku siswa terhadap hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh penguasaan materi akidah akhlak terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Fie Sabillil Muttaqien Tempurjo. (2) pengaruh perilaku siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Fie Sabillil Muttaqien Tempurjo. (3) pengaruh penguasaan materi akidah akhlak dan perilaku siswa terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Fie Sabillil Muttaqien Tempurjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan pendidikan dan pendekatan psikologis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Serta dalam menganalisis datanya menggunakan uji regresi linier berganda.
Dari hasil penellitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Variabel penguasaan materi akidah akhlak berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 33,2% terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Fie Sabllil Muttaqien Tempurjo. 2) Variabel perilaku siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 9,3% terhadap hasil belajar siswa MTs Fie Sabillil Muttaqien Tempurjo. 3) Variabel penguasaan materi akidah akhlak dan perilaku siswa berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa sebesar 33,9% sedangkan 66,1% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dengan demikian dua variabel berpengaruh secara signfikan terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Fie Sabllil Muttaqien Tempurjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SUGIYAR
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:57
Last Modified: 08 Sep 2022 00:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item