..(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN KEASLIAN TULISAN), UPLOAD ULANG...Peran Orang Tua Dalam Meminimalisasi Kecanduan Game Mobile Legends: Bang-Bang Pada Remaja Desa Sukorejo Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri

Anshori, Firmansyah Al (2022) ..(SCAN FULL SATU LEMBAR PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN KEASLIAN TULISAN), UPLOAD ULANG...Peran Orang Tua Dalam Meminimalisasi Kecanduan Game Mobile Legends: Bang-Bang Pada Remaja Desa Sukorejo Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180318_FIRMANSYAH AL ANSHORI_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anshori, Firmansyah Al. 2022. Peran Orang Tua Dalam Meminimalisasi Kecanduan Game Mobile Legends: Bang-Bang Pada Remaja Desa Sukorejo Kecamatan Puhpelem Kabupaten Wonogiri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ayunda Riska Puspita, MA.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Meminimalisasi Kecanduan Game Online, Remaja
Perkembangan internet membawa banyak penawaran menarik, bahkan untuk kalangan remaja atau pelajar. Namun, jika dibandingkan dengan menggunakan Internet untuk menyelesaikan pekerjaan sekolah, kenyataannya lebih banyak orang yang beralih ke game online. Game online yang berlebihan akan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental anak dan dapat menyebabkan kecanduan game pada pemainnya. Pemahaman orang tua terhadap game online dapat menjadi dasar utama untuk melakukan pengawasan pada anak. Dalam rangka meminimalisasi kecanduan game, penting bagi orang tua untuk membantu mengurangi kecenderungan bermain game online pada anak, agar kelak ketika dewasa mereka dapat bekerja dengan harmonis tanpa menimbulkan masalah yang tidak diinginkan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dampak game mobile legends bang-bang terhadap remaja Desa Sukorejo, (2) mendeskripsikan upaya orang tua dalam meminimalisasi kecanduan game online mobile legends bang-bang pada remaja di Desa Sukorejo, dan (3) mendeskripsikan hambatan apa saja yang dialami oleh orang tua dalam penerapan upayanya untuk meminimalisasi kecanduan game online mobile legends bang-bang pada remaja Desa Sukorejo Puhpelem Wonogiri.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif studi kasus. Informan sosial yang menjadi sasaran oleh peneliti yaitu remaja yang tercandu game online mobile legends bang-bang beserta orang tuanya khususnya di Desa Sukorejo. Prosedur pengumpulan datanya adalah dengan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi, data display kemudian ditarik kesimpulan sesuai dengan tujuan penelitian. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan teknik triangulasi.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Terdapat dua dampak game mobile legends bang-bang terhadap remaja Desa Sukorejo, yaitu Dampak positif dari aspek sosiologis yaitu, dapat menambah teman dan dari aspek edukasi dapat dijakian sebagai tempat belajar bahasa asing seperti Bahasa Inggris, dampak negatif bermain mobile legends di antaranya pemain menjadi kecanduan menjadikan intensitas bermain tinggi, terbengkalai dalam dunia nyata dengan menunda aktivitas bahkan kewajiban yang dilaksanakan, dari aspek akademis aktivitas sekolah terganggu, dari aspek sosiologis remaja kurang peka dalam kegiatan masyarakat, berkata kasar atau kotor yang melanggar norma, dari aspek kesehatan mempengaruhi pola tidur dan kesehatan pemain. (2) Upaya orang tua dalam meminimalisasi kecanduan game mobile legends bang-bang pada anak remajanya yaitu dengan menasihati, memberikan teladan mengenai perilaku dalam keluarga sendiri ataupun dalam perilaku sosial, membiasakan hal-hal baik dengan memperhatikan norma dan adat istiadat, membantu memanajemen waktu dan memberikan hadiah sebagai penyemangat dan motivasi. (3) Hambatan yang dihadapi oleh orang tua dalam penerapan upaya meminimalkan kecanduan game online mobile legends bang-bang yaitu waktu dan perhatian yang diberikan oleh orang tua terhadap anaknya masih kurang serta komunikasi antara orang tua dan anak mengalami miskomunikasi atau tidak lancarnya komunikasi antara keduanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ayunda Riska Puspita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:55
Last Modified: 08 Sep 2022 00:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20465

Actions (login required)

View Item View Item