Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Pada Materi Haid Bagi Siswi Kelas 4 MI Bahrul Ulum Buluh Krandegan Kebonsari Madiun.

Nurkasanah, Alifvia (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Wanita Pada Materi Haid Bagi Siswi Kelas 4 MI Bahrul Ulum Buluh Krandegan Kebonsari Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_203180008_ALIVFIA NURKASANAH (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kata kunci: Pemahaman Siswa, Fiqih Wanita, Haid
Pada hakikatnya pembelajaran merupakan suatu proses untuk memahamkan siswa. Sehingga dalam memahamkan siswa diperlukan adanya upaya. Upaya merupakan hal yang wajib dilakukan oleh guru. Namun dalam memudahkan pemahaman bagi siswa, guru pasti mempunyai kendala dalam memahamkan seluruh siswa. Pada saat ini banyak siswi kelas 4 MI yang sudah mengalami haid, dikarenakan haid berhubungan langsung dengan thaharah yang merupakan syarat melakukan ibadah. oleh karena itu, pentingnya pemahaman haid bagi seorang wanita.
Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan pemahaman pembelajaran fiqih wanita pada materi haid siswi kelas 4 di MI Bahrul Ulum Buluh dan hasil meningkatkan pemahaman fiqih wanita pada materi haid siswi kelas 4 di MI Bahrul Ulum
Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik dalam menganalisis data adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa guru berupaya dalam merencanakan pembelajaran dengan menyusun rencana pembelajaran terkait dengan metode, strategi materi pembelajaran. Upaya dalam proses pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Dalam hal ini pembelajaran dibagi menjadi tiga tahapan yakni tahap pembukaan, inti dan penutup. Guru juga menggunakan materi tambahan yang berupa diktat. Dalam diktat terdapat materi mengenai fiqih wanita diantaranya bagaimana bersuci dari hadas besar, batasan aurat wanita, posisi seorang ketika melakukan sholat jamaah. Upaya guru memotivasi siswa, upaya dalam membimbing siswa, upaya dalam evaluasi. Hasil dari diadakannya upaya guru dalam meningkatkan pemahaman, yakni dibuktikan dengan meningkatnya hasil evaluasi melalui nilai siswa dengan predikat baik, kesadaran dalam melakukan larangan ibadah saat mengalami haid yaitu dengan tidak memasuki area masjid, dan mengetahui batasan aurat seorang wanita. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan peningkatan pemahaman siswa mengenai fiqih wanita tentang haid meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:54
Last Modified: 08 Sep 2022 00:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20463

Actions (login required)

View Item View Item