...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, SERTA TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)...ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MENURUT TEORI BRUNER DI SDN NGRAMBE 3 PADA MASA PANDEMI COVID-19

Chintya, Nindi A. (2022) ...(LENGKAPI LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, SERTA TAMBAHKAN WATERMARK, UPLOAD ULANG)...ANALISIS KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III MENURUT TEORI BRUNER DI SDN NGRAMBE 3 PADA MASA PANDEMI COVID-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180026 CHINTYA NINDI ARUM PGMI (1) (Autosaved).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arum, Chintya Nindi. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas III Menurut Teori Bruner di SDN Ngrambe 3 Pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi M.Si.

Kata Kunci Kesulitan Belajar Siswa, Matematika, Pandemi Covid-19

Kesulitan belajar matematika yang terjadi pada seorang siswa pada umumnya disebabkan oleh faktor-faktor tertentu. Pada masa pandemic covid-19 terdapat dua faktor yang dapat menjadi penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal berasal dari dalam diri dalam diri siswa meliputi kesehatan, intelegensi, dan minat. Factor eksternal disebabkan adanya faktor keluarga seperti ditinggal kerja oleh orang tuanya, kurang perhatian oleh orang tua adapula siswa yang harus ada perhatian khusus dari guru untuk dapat memahami konsep belajar matematika. Selain itu ada juga faktor lingkungan dimana pada lingkungan yang tidak kondusif akan memberikan pengaruh belajar siswa.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian studi kasus. Peneliti dalam penelitian ini bertindak sebagai pelaku utama dalam mengetahui dan menentukan hasil dari penelitian. Dalam penelitian ini peneliti memilih lokasi di SDN Ngrambe 3, Kabupaten Ngawi. Adapun tujuan dalam penelitian ini berdasarkan masalah yang telah disebutkan adalah untuk mengetahui kesulitan belajar matematika siswa kelas III di SDN Ngrambe 3 pada masa pandemi Covid-19, dan faktor-faktor kesulitan belajar matematika yang ditinjau dari teori Bruner.
Siswa kelas III sebagai subyek penelitian dipilih berdasarkan hasil tes IQ yang diperoleh siswa. Untuk hasil kesulitan belajar siswa, subyek dipilih hanya 4 siswa saja berdasarkan hasil tes IQ tinggi, rendah dan sedang yang dimiliki siswa. Dalam penelitian wawancara siswa kesulitan belajar matematika mungkin bisa diatasi dengan menggunakan teori Bruner dengan model free discovery learning atau penemuan bebas yang berkaitan dengan konsep belajar siswa. Dari teori ini siswa harus mengutamakan konsep belajar terlebih dahulu. Dalam memahami konsep belajar, guru kelas harus mengajarkan materi sesuai pemahaman anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Sep 2022 00:52
Last Modified: 08 Sep 2022 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20462

Actions (login required)

View Item View Item