Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Siman)

Fadila, Annisa Nur (2022) Penerapan Strategi Joyfull Learning dalam Penanaman Sikap Tanggung Jawab Siswa (Studi Kasus Pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Siman). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180012_ANNISA NUR FADILA_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tanggung Jawab siswa terhadap tugas masih kurang, oleh karena itu terdapat penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru melainkan pembelajaran yang menyenangkan sehingga siswa dapat menanamkan sikap tanggung jawabnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan langkah-langkah penerapan strategi joyfull learning dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS, (2) Menjelaskan faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi joyfll learning dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS, dan (3) menjelaskan hasil penerapan strategi joyfll learning dalam menanamkan sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran IPS.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. . Sumber data diperoleh dari penelitian lapangan dengan subjek siswa siswi kelas VII, guru mata pelajaran IPS, wali kelas VII dan kepala sekolah di SMP Negeri 1 Siman Ponorogo. Data pendukung berasal dari suumber lain yang relevan yakni buku dan internet. Metode pengumpulan yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman yang menggunakan tiga tahapan analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang digunakan untuk mendapatkan data yang valid.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa strategi Joyfull Learning dalam menanaman sikap tanggung jawab siswa terhadap tugas dengan beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut terbagi menjadi empat langkah dimana langkah pertama membuka dengan salam, membaca dan memahaminya terkait materi, langkah kedua atau disebut kegiatan siswa diajak untuk bernyanyi sambil memutarkan benda atau alat berupa spidol dan tampah sampai peluit berbunyi, langkah ketiga apabila peluit berbunyi benda tersebut berhenti dan siswa maju kedepan mengambil kartu soal dan menjawabnya apabila tidak bisa dapat dilempar ke temannya dan apabila siswa tidak bisa disuruh untuk bernyanyi atau mengaji, langkah terakhir tahap evaluasi dimana memberikan kesimpulan terhadap materi dan siswa menulis jawaban yang sudah dijelaskan lalu dikumpulkan sebagai bukti tanggung jawab. Adapun faktor pendukung dimana berhasilnya penerapan strategi joyfull learning dan adanya fasilitas buku yang cukup memadai serta siswa menjadi lebih tanggung jawab terhadap pembelajaran dan penghambatnya butuh persiapan yang matang terhadap media, berkurangnya menanamkan kerjasama, tidak semua siswa membawa buku pada waktu pembelajaran, memindahkan alat untuk bernyanyi terlalu lama, dan ketika bernyanyi siswa kurang antusias. Hasil mengalami peningkatan pada siswa dalam menyelesaikan tugas, tepat waktu dan antusias pada tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: S Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:36
Last Modified: 07 Sep 2022 08:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20459

Actions (login required)

View Item View Item