..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pemanfaatan Tembang Macapat Sebagai Sumber Pembelajaran Nilai Sosial Di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo.

Ummah, Afifah Syifaul (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pemanfaatan Tembang Macapat Sebagai Sumber Pembelajaran Nilai Sosial Di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180002_Afifah Syifaul Ummah_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ummah, Afifah Syifa. 2022. Pemanfaatan Tembang Macapat Sebagai Sumber Pembelajaran Nilai Sosial Di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata kunci: Tembang Macapat, Sumber Belajar, Nilai Sosial
Manusia sebagai makhluk sosial yang saling berinteksi memerlukan nilai sosial sebagai pedoman. Nilai sosial akan menjadi pedoman setiap individu untuk bersikap ketika berinteraksi dengan individu lainnya. Pembelajaran mengenai nilai sosial terangkum dalam kurikulum 2013, dimana kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang berlaku saat ini. Namun pada prakteknya, terdapat masalah penyimpangan nilai-nilai sosial dalam pembelajaran yang melibatkan peserta didik maupun guru. Terlebih diera globalisai yang berdampak pada penyimpangan nilai sosial dikalangan remaja. Pembelajaran yang dilakukan juga masih terkesan monoton dan kurang bermakna sebab sumber belajar yang dilakukan masih mengandalkan buku dan sumber bacaan lain. Untuk itu diperlukan suatu inovasi pada pembelajaran nilai sosial dengan memanfaatkan media yang dekat dengan siswa agar pembelajaran yang dilakukan dapat bermakna bagi siswa.
Tembang macapat merupakan jenis karya sastra kuno yang melekat pada kehidupan masyarakat. Didalamnya terdapat nilai etika dan estetika yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat terutama masyarakat Jawa. Dengan demikian tembang macapat dapat dimanfaatkan guna menunjang pembelajaran nilai sosial. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakah penggunaan tembang macapat sebagai sumber pembelajaran nilai sosial di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo; 2) Bagaimanakan pelaksanaan tembang macapat sebagai sumber pembelajaran nilai sosial di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo; 3) Bagaimanakah fungsi tembang macapat pada kesenian karawitan sebagai sumber pembelajaran nilai sosial d MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis bersifat deskriptif. Sumber data diperoleh dari penelitian lapangan dengan subjek siswa siswi kelas VII, guru mata pelajaran IPS, guru kesenian karawitan dan kepala sekolah di MTs PGRI Gajah Sambit Ponorogo. Data pendukung berasal dari sumber lain yang relevan yakni buku dan internet. Metode pengumpulan yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini data dianalisis dengan empat tahap yakni pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa tembang macapat dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran nilai sosial. Pembelajaran tersebut diperoleh dari makna yang terkandung didalamnya dan dari proses memainkannya. Pembelajaran dengan menggunakan tembang macapat dapat memberikan contoh nyata penerapan nilai sosial kepada siswa sebab tembang macapat sendiri merupakan kesenian lokal yang melekat pada kehidupan masyarakat terutama masyarakat Jawa. Tembang macapat dapat berfungsi dalam merubah sikap siswa dan sebagai media pembelajaran inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:34
Last Modified: 07 Sep 2022 08:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20458

Actions (login required)

View Item View Item