Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun

Putri, Lutfiana (2022) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
20818002_Lutfiana Putri_Tadris IPS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Putri, Lutfiana. 2022. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPS Terpadu Kelas IX MTs Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo. Pembimbing : Siti Zazak Soraya, M.Ed.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir ritis, Problem-Based Learning (PBL), dan Pembelajaram IPS Terpadu
Kemampuan berpikir kritis peserta didik di kelas IX A MTs Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun masih tergolong rendah khususnya pada mata pelajaran IPS terpadu hal ini dapat disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan model ceramah atau kontekstual dan tidak melibatkan peserta didik selama kegiatan belajar mengajar berlangsung. Keadaan ini menyebabkan peserta didik tidak bisa mengasah kemampuan mereka dalam berpikir seperti mengidentifikasi, analisis, mengungkapkan argumen, mengevaluasi, dan membuat kesimpulan atau pengambilan keputusan. Untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik maka peneliti menggunakan model pembelajaran problem-based learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui penerapan model problem-based learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPS terpadu, (2) mendeskripsikan sejauh mana peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan menggunakan model problem-based learning pada mata pelajaran IPS terpadu kelas IX A MTs Miftahul Ulum Pucang Kradinan Madiun.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan 3 siklus yang pada setiap siklusnya terdapat 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IX A yang terdiri dari 22 peserta didik. Sumber data didapatkan dari peserta didik dan guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan data yang sudah didapatkan bahwa (1) pelaksanaan model probelm-based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I menganalisis gambar yang disajikan, pada siklus II menggunakan TTS dalam pembelajarannya, siklus III menggunakan materi PPT dan video pembelajaran kemudian membuat mind mapping. (2) pada siklus I untuk pre dan post test mendapatkan nilai rata-rata peserta didik 66,36 secara klasikal dengan presentase ketuntasan 83% dari 22 peserta didik, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 84,31 dengan presentase ketuntasan sebesar 91%, dan pada siklus III nilai rata-rata meningkat menjadi 89,77 dengan presentase ketuntasan 100% atau secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKM. Selain itu untuk kemampuan berpikir kritis peserta didik pada siklus I untuk definisi dan klarifikasi masalah nilai rata-rata 7 dengan presentase 14%, menilai informasi dan memberikan pejelasan sederhana nilai rata-rata 7,5 presentase yang didapat 11%, dan membuat kesimpulan 7,86 dengan presentase 17%. Kemudian pada siklus II defines dan klarifikasi masalah meningkat menjadi 12 dengan presentase 43%, menilai infromasi dan memberikan penjelasan sederhana meningkat sebesar 12,05 dengan presentase 50%, dan membuat kesimpulan meningkat sebanyak 11,95 dengan presentase 41%. Selanjutnya pada siklus III definisi dan klarifikasi masalah meningkat lagi dengan rata-rata nilai 14,88 dengan presentase 89%, menilai informasi dan memberikan penjelasan sederhana nilai rata-rata meningkat sebesar 14,91 dengan presentase 91%, dan membuat kesimpulan meningkat menjadi 14,95 dengan presentase 95%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Zazak Soraya
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 06:37
Last Modified: 07 Sep 2022 06:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20455

Actions (login required)

View Item View Item