SILAKAN UPLOAD file PDF..sesuai kaidah)..Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 1 Dolopo

Anggita, Rizky (2022) SILAKAN UPLOAD file PDF..sesuai kaidah)..Pengaruh Pembelajaran Dalam Jaringan dan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX di SMPN 1 Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
A5 RIZKY ANGGITA 210317335 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.docx

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran daring merupakan suatu pembelajaran yang dilakukan secara online pada masa pandemi. Pembelajaran daring di masa pandemi seperti sekarang ini membutuhkan motivasi belajar sebagai dorongan eksternal dan internal pada siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkat laku. Adapun kendala yang sering dihadapi waktu pembelajaran daring berlangsung adalah koneksi internet yang tidak stabil, dikarenakan tidak semua daerah memiliki jaringan internet yang baik. Semangat belajar yang menurun pada siswa termasuk kendala yang dihadapi dalam pembelajaran daring. Pentingnya penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pembelajaran dalam jaringan dan motivasi siwa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui signifikasi pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di SMPN 1 Dolopo Madiun tahun ajaran 2020/2021, (2) mengetahui signifikasi pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di SMPN 1 Dolopo Madiun tahun ajaran 2020/2021, (3) mengetahui signifikasi pengaruh antara pembelajaran daring dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX di SMPN 1 Dolopo Madiun tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilaksanakan di SMPN 1 Dolopo Madiun. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat regresi dengan perhitungan SPSS. Teknik analisis data menggunakan rumus statistika regresi linier sederhana dan regresi linier berganda. Adapun populasi penelitian sebanyak 269 siswa dan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling yaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan kedua, peneliti menggunakan analisis linier sederhana. Sedangkan untuk menjawab rumusan masalah yang ketiga, peneliti menggunakan analisis linier berganda.
​Adapun hasilnya adalah (1) pembelajaran dalam jaringan berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Dolopo dengan hasil perhitungan yang diperoleh t hitung sebesar 1,303 > t tabel 0,966, untuk tarif signifikansinya sebesar 0,00 dan hasil presentase sebesar 10,6% sedangkan 89,4% dipengaruhi oleh faktor lainnya, (2) motivasi Belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Dolopo dengan hasil perhitungan yang diperoleh t hitung sebesar 19,876 > t tabel 2,339, untuk tarif signifikansinya sebesar 0,000 dan hasil presentase sebesar 12,6% dan untuk sisanya 87,4% dipengaruhi oleh faktor lain, (3) Pembelajaran dalam jaringan dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas IX di SMPN 1 Dolopo dengan hasil perhitungan yang diperoleh F hitung sebesar 3,279 > Ftabel 2,660, untuk tarif signifikansinya sebesar 0,000 dan hasil presentase sebesar 15,1% dan untuk sisanya 84,9% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:20
Last Modified: 07 Sep 2022 03:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20444

Actions (login required)

View Item View Item