IMPLEMENTASI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SANTRI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH “AL-ISLAMIYAH” TEGALSARI JETIS PONOROGO

Cahyanti, Oki Dwi (2022) IMPLEMENTASI KEGIATAN KEPRAMUKAAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SANTRI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWWALIYAH “AL-ISLAMIYAH” TEGALSARI JETIS PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317333_OKI DWI CAHYANTI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cahyanti, Oki Dwi, 2022. Implementasi Kegiatan Kepramukaan Dalam Membentuk Karakter Religius Santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah “Al-Islamiyah” Tegalsari Jetis Ponorogo Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Sugiyar, M.Pd.
Kata Kunci: Kegiatan Kepramukaan, Karakter Religius
Karakter religius merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh santri dalam menghadapi zaman yang semakin berkembang, oleh karena itu santri diharapkan mampu memiliki sikap dan perilaku yang baik sesuai dengan kebijakan-kebijakan yang berlandaskan pada ajaran agama. Seperti di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah “Al-Islamiyah” Tegalsari Jetis Ponorogo meskipun merupakan sekolah nonformal yang mengajarkan pendidikan keagamaan Islam akan tetapi belum berhasil sepenuhnya dalam penanaman karakter religius terhadap santri, sehingga mencari program kegiatan lain yang lebih menunjang dalam penanaman karakter religius yaitu kegiatan kepramukaan.
Penelitian ini terkait implementasi kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter religius santri Madrasah Diniyah Takmiliyah Awwaliyah “Al-Islamiyah” Tegalsari Jetis Ponorogo. Tujuan dari penelitian ini yaitu: untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan kepramukaan, mendeskripsikan kegiatan kepramukaan mampu membentuk karakter religius santri, dan mendeskripsikan dampak implementasi kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter religius santri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif analisis. Subjek dari penelitian ini adalah kepala madrasah, pembina pramuka, dan santri madrasah diniyah. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif Miles Hubermen dan Saldana, meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa (1) implementasi kegiatan kepramukaan dilaksanakan dengan tiga tahapan kegiatan, yaitu tahap pertama kegiatan upacara pembukaan latihan kepramukaan, tahap kedua materi kepramukaan yang dikemas dalam bentuk permainan dan yel-yel, dan tahap ketiga upacara penutupan latihan kepramukaan. Implementasi kegiatan kepramukaan dalam membentuk karakter religius santri melalui tdabur alam dan mempelajari ciptaan Tuhan, pembiasaan shalat berjamaah, pembiasaan disiplin, berbahasa jawa halus dan berbahasa indonesia yang santun, mencium tangan pembina pramuka, pelatihan tanggung jawab melalui pemilihan pemimpin upacara (2) implementasi kegiatan kepramukaan mampu membentuk karakter religius santri adanya faktor yang berpengaruh terhadap kegiatan tersebut, meliputi contoh keteladanan dan pemilihan metode yang tepat dari pembina, partisipasi dan dukungan dari orang tua santri, dukungan dari pengurus madrasah, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta respon baik dari lingkungan sekitar (3) Dampak implementasi kegiatan kepramukaan mampu memberikan perubahan yang lebih positif kepada santri. Melalui pembiasaan dan penerapan kedisiplinan memberikan perubahan dari tingkat kesopanan tutur bahasa yang digunakan, cara menghormati orang yang lebih tua dengan mencium tangan, kehadiran pramuka sudah tepat waktu, dari segi kelengkapan atribut sudah menggunakan seragam pramuka lengkap, dengan mental yang terasah setelah mengikuti kegiatan pramuka santri lebih siap untuk mengikuti pelajaran selama satu minggu ke depan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 02:56
Last Modified: 07 Sep 2022 02:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item