Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Bagi Santri Ma'had Al-Jami'ah IAIN Ponorogo

Sampurna, Putranta Cahaya (2022) Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Bagi Santri Ma'had Al-Jami'ah IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180413_Putranta Cahaya Sampurna_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putranta Cahaya Sampurna. 2022. Penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama Bagi Santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I
Kata Kunci: Penanaman, Nilai-nilai Moderasi Beragama, Metode
Islam adalah agama yang membawa pesan perdamaian di dunia, namun eksklusifitas dan ekstremisme dalam beragama membuat citra Islam menjadi buruk. Di sinilah pentingnya moderasi Islam dibangun atas dasar filosofi universal dalam hubungan sosial kemanusiaan. Namun akhir-akhir ini banyak terjadi fenomena yang muncul ditengah-tengah masyarakat dan menjadi perhatian khusus. Yaitu munculnya kelompok radikal dan intoleran yang mempunyai pemahaman keras, menutup diri dan tidak adanya sikap toleransi terhadap individu maupun kelompok lain. Perguruan Tinggi menjadi tempat yang tepat untuk menyebarkan sensivitas mahasiswanya pada ragam perbedaan yang ada. Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo sebagai lembaga pendidikan mampu melakukan penanaman nilai-nilai moderasi Islam bagi santri melalui program kegiatan pembelajaran di daring.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui bentuk penanaman nilai-nilai moderasi moderasi beragama bagi santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo (2) Untuk mengetahui metode dalam menanaman nilai-nilai moderasi beragama bagi santri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo (3) Untuk mengetahui implikasi penanaman nilai-nilai moderasi beragama terhadap perilaku keagamaan santri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo
Maka peneliti akan menggunakan penelitian kualitatif, dan jenis pendekatan penelitiannya adalah Studi Kasus. Adapun proses pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan empat langkah analisis data yaitu data collection, data condensation, data display, dan conclusion.
Hasil penelitian yang diperoleh : (1) Bentuk penanaman Nilai-nilai Moderasi Beragama di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Ponorogo yaitu menguatkan pola pikir, cara pandang dan praktik keagamaan moderat santri melalui pembelajaran kelas daring. Adapun nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan yaitu nilai Tawa>ssuth, Tawa>zun, I’tida>l, Tasa>muh, Musawa>h, dan Syu>ra. (2) Metode dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama bagi santri di Ma’had yaitu menggunakan Metode Ceramah dan Metode Diskusi (3) Implikasi nilai-nilai moderasi beragama bagi santri terhadap perilaku keagamaan yaitu Penerapan budaya 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun), Lebih selektif dan bijak dalam bermedia sosial, Adab birul walidain, Bersikap toleran terhadap perbedaan pendapat

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:03
Last Modified: 07 Sep 2022 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20441

Actions (login required)

View Item View Item