(KEASLIAN TULISAN DAN PUBLIKASI HARUS DI UPLOAD YANG ASLI, BUKAN SCAN AN)..Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Hasil Wawancara Siswa Kelas IV SD IT Badrussalam Melalui Student Team Achievement Division (STAD)

Pangesti, Rinza Cahya (2022) (KEASLIAN TULISAN DAN PUBLIKASI HARUS DI UPLOAD YANG ASLI, BUKAN SCAN AN)..Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Hasil Wawancara Siswa Kelas IV SD IT Badrussalam Melalui Student Team Achievement Division (STAD). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180102_Rinza Cahya Pangesti_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pangesti, Rinza Cahya. 2022. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Laporan Hasil Wawancara Siswa Kelas IV SD IT Badrussalam Melalui Student Team Achievement Division (STAD). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Berlian Pancarrani, M.Pd.
Kata Kunci: Meningkatkan, Menulis, Laporan Hasil Wawancara, STAD
Kegiatan menulis merupakan salah satu keterampilan dalam berbahasa. Dari keempat keterampilan berbahasa tersebut keteranpilan menulis kurang mendapat perhatian dan kurang ditangani sungguh-sungguh, sehingga muncul banyak permasalahan keterampilan menulis di kelas rendah maupun kelas tinggi. Selain itu, siswa juga memiliki ketertarikan yang rendah terhadap kegiatan menulis serta bersikap pasif dalam pembelajaran. Pemilihan materi menulis laporan hasil wawancara didasarkan pada kesulitan menulis siswa yang paling tinggi dibandingkan materi lainnya. Hal ini menarik untuk diteliti agar dapat mengetahui model pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada siswa, sehingga bisa menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan keterampilan menulis siswa. Model pembelajaran yang berpusat pada siswa adalah model pembelajaran kooperatif yang terdapat beberapa tipe/strategi pembelajaran di dalamnya. Salah satunya adalah Student Team Achievement Division (STAD) yang penerapannya paling sederhana, sehingga cocok digunakan oleh guru-guru yang baru mulai menggunakan pembelajaran kooperatif.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis laporan sederhana siswa kelas IV SD IT Badrussalam dengan menggunakan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD).
Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Badrussalam Magetan. Pengumpulan data mengunakan teknik tes (hasil belajar), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat 2 siklus dalam tindakan kelas yang dilakukan, di mana setiap siklusnya dilakukan dalam 2 pertemuan. Tindakan kelas dilakukan pada siswa kelas IV B yang terdiri dari 25 siswa.
Dari hasil penelitian didapatkan hasil bahwa model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menulis laporan hasil wawancara siswa kelas IV SD IT Badrussalam Magetan. Hal ini dapat dibuktikan dengan persentase peningkatan hasil belajar siswa dari pre test sampai dengan siklus II. Pada pengambilan data awal (pre test) siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 11 siswa dengan persentase 40%, kemudian pada siklus I terdapat 15 siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan persentase 62,5%, dan pada siklus II juga mengalami peningkatan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebanyak 22 siswa dengan persentase 91,67%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:06
Last Modified: 07 Sep 2022 03:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20440

Actions (login required)

View Item View Item