Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo

Rahmawati, Dina Kurnia (2022) Upaya Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B Di RA Muslimat NU 113 Bajang Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
205180009_DINA KURNIA RAHMAWATI_PIAUD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bahasa adalah sarana dalam berinteraksi. Pembelajaran bahasa pada anak usia dini
khususnya dalam membaca Al-Qur‟an dapat dimulai dengan mengenalkan macam-macam huruf
hijaiyah. Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pada kemampuan dalam
membaca huruf hijaiyah di RA Muslimat Nu 113 Bajang. Upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca huruf hijaiyah kurang kreatif sehingga terdapat anak yang masih bingung
membedakan huruf hijaiyah.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan
kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi, dan 2) untuk mengetahui
capaian kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi.
Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis fenomenologis. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi.
Adapun teknik analisisnya, peneliti menggunakan konsep dari Miles dan Hubberman yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Untuk menjawab pertanyaan
diatas, penelitian ini dilakukan di RA Muslimat Nu 113 Bajang Mlarak Ponorogo, khususnya
pada anak kelompok B.
Berdasarkan analisis data, peneliti menemukan hasil penelitian: 1) upaya guru dalam
meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi adalah dengan
menggunakan flashcard/kartu bergambar, APE pohon hijaiyah, APE puzzle, APE papan stik
huruf hijaiyah dan membaca huruf hijaiyah di papan tulis. 2) capaian kemampuan membaca
huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi dapat dikatakan cukup baik. Hal tersebut dibuktikan
bahwa kemampuan anak dalam membaca huruf hijaiyah sudah Berkembang Sesuai Harapan
(BSH), dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Anak mampu mencapai indikator dalam membaca
huruf hijaiyah melalui metode demonstrasi. Terlihat anak mampu menirukan pelafalan huruf
hijaiyah sesuai makhroj dan tanda baca, menyebutkan huruf hijaiyah secara acak serta membaca
huruf hijaiyah di papan tulis. Keberhasilan capaian kemampuan tersebut tidak terlepas dari
minat, motivasi, dukungan orang tua dan lingkungan anak dalam belajar membaca huruf
hijaiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:17
Last Modified: 07 Sep 2022 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20439

Actions (login required)

View Item View Item