PERAN PENGURUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AL MARDLIYAH KOTA MADIUN

Kamaliah, Agustin Binti (2022) PERAN PENGURUS DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI PUTRI DI PONDOK PESANTREN AL MARDLIYAH KOTA MADIUN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180255_Agustin Binti Kamaliah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kamaliah, Agustin Binti. 2022. Peran Pengurus dalam Pembentuk Karakter Santri Putri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing, Dr. H. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata kunci: Peran pengurus pondok, Karakter, Santri putri.

Berorganisasi memberikan bagi pengurus pengalaman yang nyata untuk menerima dan melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Di antara tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus organisasi adalah wadah yang bisa memberi pengaruh yang positif bagi anggotanya. Penelitian ini ingin memaparkan peran pengurus dalam membentuk karakter santri putri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Demangan Taman Kota Madiun. Pengurus diharapkan dapat membina serta menumbuhkan karakter baik bagi santri putri, melalui strategi dan kegiatan-kegiatan yang nantinya dapat mendorong santri putri agar senantiasa dalam lingkup lingkungan yang baik, selalu disiplin,serta bisa bertanggung jawab atas tindakan yang dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui peran pengurus dalam membentuk karakter santri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Demangan Kota Madiun. (2) Mendeskripsikan metode pengurus dalam pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab, dan kreatif santri putri di Pondok Pesantren Al Mardliyyah Kota Madiun.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yaitu model interaktif Miles dan Huberman, dengan langkah- langkah: Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) Pengurus Pondok Pesantren Al Mardliyyah mempunyai peran dalam pembentukan karakter diantaranya: a) memimpin kegiatan santri, b) menjadi penghubung antara santri, orang tua dan pengasuh, c) menjadi panutan dalam memberikan contoh yang baik, d) memantau semua kegiatan santri melalui absen dan jadwal keliling. Sehingga dalam setiap kegiatan pengurus menjadi pendidik yang selalu mengarahkan. Namun hal tersebut tidak lepas kendali dari pengasuh pondok pesantren. Namun semua yang menjadi keputusan pengurus dan disetujui pengasuh wajib di taati oleh seluruh santri, (2) Metode yang dilakukan pengurus dalam pembentukan karakter disiplin, tanggung jawab dan kreatif yaitu melalui keteladanan, nasehat, pembiasaan, dan kegiatan ektrakurikuler. Tindakan (perbuatan) seperti menegakkan tata tertib, pengawasan, teladan kepemimpinan, pengumpulan handphone, hukuman dan sanksi bagi pelanggar tata tertib, dan yang ketiga melalui strategi ucapan seperti pembinaan disiplin serta nasihat danmotivasi. Pembinaan disiplin sebagai upaya dari penegakkan tata tertib. Nasihat sebagai pengingat dengan memberikan wejangan pada santri secara baik-baik. Dan motivasi sebagai stimulus halus dalam pembinaan karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Sep 2022 03:10
Last Modified: 07 Sep 2022 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20431

Actions (login required)

View Item View Item