PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD TARBIYATUL ISLAM KERTOSARI, PONOROGO

Bayu Aji, Stiaji (2022) PENINGKATAN SIKAP KERJASAMA SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS IV SD TARBIYATUL ISLAM KERTOSARI, PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Fiks.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Stiaji, Bayu. 2022. Peningkatan Sikap Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together Pada Siswa Kelas IV SD Tarbiyatul Islam Kertosari, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Kerjasama, Pembelajaran Tematik, Number Head Together
Manusia merupakan makhluk sosial. Mereka tidak bisa hidup sendiri dan selalu membutuhkan bantuan orang lain dalam melakukan kegiatan hidupnya. Sebagai makhluk sosial, manusia memerlukan interaksi yang berbentuk kelompok berdasarkan beberapa aspek. Sebuah kelompok juga diperlukan dalam sebuah pembelajaran di kelas. Kelompok belajar biasanya terdiri atas beberapa siswa dengan karakter yang berbeda-beda. Masalah yang terjadi pada kelompok ialah masih terdapat beberapa siswa yang hanya mengandalkan beberapa anggotanya saja, sedangkan yang lain asyik bercanda. Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Number Head Together dirasa cocok untuk menanggulangi masalah tersebut, karena mengharuskan siswa memahami tugas yang telah diberikan.
Model pembelajaran kooperatif tipe NHT cocok ditarapkan pada pembelajaran tematik karena banyak tugas yang harus diselesaikan secara berkelompok. Pembelajaran kooperatif tipe NHT mengajak siswa untuk berkelompok. pada pembelajaran secara berkelompok ini, siswa tidak akan pasif dan hanya bergantung dengan teman kelompknya saja, karena setelah tugas diselesaikan siswa akan dipanggil secara acak berdasarkan nomor kepala yang telah diberikan.
Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran tematik dalam meningkatkan sikap kerjasama antar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe NHT siswa kelas VI. Kedua, mengungkapkan hasil sikap kerjasama antar siswa melalui penerapan model kooperatif tipe NHT siswa kelas VI SD Tarbiyatul Islam Kertosari Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian, perubhan sikap siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Perubahan ditunjukkan dengan beberapa siswa yang awalnya enggan berkelompok dengan teman sekelasnya menjadi bersedia belajar dengan berkelompok. Siswa yang mendapat nilai 4 pada awalnya hanya berjumlah 4 siswa, meningkat menjadi 12 siswa. Siswa yang mendapat nilai 1 berjumlah 5 orang menurun bahkan tidak ada. Berdasarkan paparan tersebut, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam upaya peningkatan sikap kerjasama siswa dirasa berjalan dengan baik dan mendapat hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuenti Sofa Puspidalia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Mujiati
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:01
Last Modified: 06 Sep 2022 04:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20429

Actions (login required)

View Item View Item