KEANEKARAGAMAN PENCATATAN PERNIKAHAN WANITA HAMIL DI KUA KECAMATAN DI PONOROGO DALAM PERSPEKTIF DISKRESI (Studi Kasus Pencatatan Pernikahan Wanita Hamil di KUA Kecamatan Ngrayun,KUA Kecamatan Sawoo, dan KUA Kecamatan Slahung)

Thohari, Mohamad (2020) KEANEKARAGAMAN PENCATATAN PERNIKAHAN WANITA HAMIL DI KUA KECAMATAN DI PONOROGO DALAM PERSPEKTIF DISKRESI (Studi Kasus Pencatatan Pernikahan Wanita Hamil di KUA Kecamatan Ngrayun,KUA Kecamatan Sawoo, dan KUA Kecamatan Slahung). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis Thohari_Upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Thohari, Mohamad, 2020. Keanekaragaman Pencatatan Pernikahan Wanita Hamil Di KUA Kecamatan di Ponorogo dalam Perspektif Diskresi. (Studi Kasus di KUA Kecamatan Ngrayun, KUA Kecamatan Sawoo, KUA Kecamatan Slahung). Tesis. Program Study Ahwal Shakhs}iyyah Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. H. Abdul Mun’im, M.Ag.
Kata Kunci : Pencatatan Pernikahan, Wanita Hamil, Diskresi.
Pencatatan perkawinan merupakan salah satu prinsip hukum perkawinan nasional yang bersumber pada UU No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, eksistensi prinsip pencatatan perkawinan terkait dengan administrasi. Pencatatan pernikahan telah diatur sedemikan rupa dengan ketentuan yang baku sebagai pedoman bagi petugas agar pencatatan dapat terlaksana dengan tetib, akuntabel dan memilki kepastian hukum. Namun demikian, dalam pencatatan pernikahan wanita hamil di KUA Kecamatan di Ponorogo, nampak terjadi keanekaragaman. Keanergaman ini timbul karena adanya tindakan Kepala KUA Kecamatan atas inisiatif sendiri diluar ketentuan yang berlaku.
Penelitian ini dilakukan untuk mengklasifikasi keanekaragaman pencatatan pernikahan wanita hamil di KUA kecamatan di Ponorgo, dan mengetahui legalitas tindakan kepala KUA kecamatan dalam keanekaragaman pencatatan tersebut dari perspektif kekuasaan diskresi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Berdasarkan jenisnya termasuk penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data yag digunakan adalah metode observasi dan interview. Subyek penelitian dan informannya kepala KUA kecamatan Ngrayun, kepala KUA kecamatan Sawoo, dan kepala KUA kecamatan Slahung. Teknik analisis data diawali dengan pengecekan keabsahan data menggunakan kejujuran peneliti dan teknis diskusi. Untuk analisa data dalam penelitian ini menggunakan teori kekuasaan diskresi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa pencatatan pernikahan wanita hamil dapat diklasifikasikan menjadi dua, yaitu dalam pelaksanaan pemeriksaan kehamilan calon istri dan pria yang akan menikah dengan wanita hamil tersebut. Dalam hal ini, kepala KUA kecamatan telah melakukan tindakan diskresi sesuai ketentuan UU Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Administrasi Pemerintahan pasal 23 huruf a dan huruf c. Tindakan diskresi yang dilakukan kepala KUA tersebut sah dan tidak bertentangan dengan AUPB (Asas-asas Umum Pemerintahan yang Baik

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abdul Mun'im
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 Sep 2022 03:50
Last Modified: 05 Sep 2022 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20426

Actions (login required)

View Item View Item