Penanaman Karakter Religius Siswa Di MIN 7 Ponorogo

Prasetyo, Deni (2021) Penanaman Karakter Religius Siswa Di MIN 7 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210617169_DENI PRASETYO_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prasetyo, Deni. 2021. Penanaman Karakter Religius Siswa Di MIN 7 Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I
Kata Kunci: penanaman, karakter religius
Terjadinya degradasi moral di kalangan generasi muda merupakan salah satu ancaman terhadap masa depan bangsa. Salah satu penyebab degradasi moral karena kurangnya penguasaan karakter religius. Karakter religius merupakan salah satu karakter yang penting dimiliki oleh siswa. Dengan penguasaan karakter religius yang baik siswa akan memiliki siswa akan mampu menghadapi perubahan zaman dan degradasi moral.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1). strategi yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan karakter religius kepada siswa di MIN 7 Ponorogo; (2). faktor-faktor yang mempengaruhi karakter religius siswa di MIN 7 Ponorogo; dan (3). dampak penanaman karakter religius terhadap perilaku siswa di MIN 7 Ponorogo.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data, melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Milles dan Huberman dengan langkah-langkah: pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi guru dalam menanamkan karakter religius siswa di MIN 7 Ponorogo dibagi menjadi lima, yaitu strategi pembiasaan yang meliputi: membiasakan sholat dhuha, ngaji Al-Qur’an dan hafalan surat-surat pendek, kegiatan ekstrakurikuler agama yang meliputi: kaligrafi Islam, Tartil Al-Qur’an, Qira’atul Qur’an, mengaji Al-Qur’an dan latihan membaca Al-Qur’an dengan metode UMMI. Pola asuh guru yaitu dilakukan dengan mendidik siswa dengan kasih sayang tanpa kekerasan. Keteladanan diberikan guru dengan memberi teladan yang baik kepada siswa agar perilaku tersebut bisa ditiru oleh siswa, dan hukuman dilakukan dengan memberikan hukuman kepada siswa agar siswa jera dan tidak mengulangi lagi perbuatan buruknya, serta sebagai pencegahan terhadap perilaku menyimpang siswa; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi karakter religius siswa di MIN 7 Ponorogo yaitu pola asuh keluarga, lingkungan sekitar siswa dan sekolah; dan (3) dampak penanaman karakter religius terhadap perilaku siswa dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam menulis, membaca dan menghafal Al-Qur’an yang semakin baik, ibadah siswa dan perilaku siswa terhadap guru, orang tua dan masyarakat semakin baik dan sopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Aug 2022 01:28
Last Modified: 22 Aug 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20421

Actions (login required)

View Item View Item