KONSEP SYUKUR DALAM BUKU LĀ TAḤZAN KARYA ‘AIḌH AL-QARNI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI ‘AQIDAH AKHLAQ MADRASAH ALIYAH KELAS X

Anggimelani, Diyah (2022) KONSEP SYUKUR DALAM BUKU LĀ TAḤZAN KARYA ‘AIḌH AL-QARNI DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI ‘AQIDAH AKHLAQ MADRASAH ALIYAH KELAS X. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180063_DIYAH ANGGIMELANI_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anggimelani, Diyah. 2022. Konsep Syukur dalam Buku Lā Taḥzan Karya ‘Aiḍh Al-Qarni dan Relevansinya dengan Materi ‘Aqidah Akhlaq Madrasah Aliyah Kelas X. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.H.Moh Munir,Lc.,M.Ag.

Kata Kunci: Konsep Syukur, Buku Lā Taḥzan, ‘Aqidah Akhlaq
Buku Lā Taḥzan merupakan buku pengembangan diri dan motivasi berbasis keagamaan karya ‘Aiḍh Al-Qarni. Penelitian ini fokus pada konsep syukur dalam buku Lā Taḥzan. Hal ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kajian tentang syukur dalam materi ‘Aqidah Akhlaq, yang saat ini semakin mengalami kemerosotan sehingga memerlukan adanya sebuah solusi. Rasa syukur ini harus ditanamkan sejak dini pada anak, sehingga pembahasan tentang syukur merupakan salah satu materi ‘Aqidah Akhlaq yang diajarkan di Madrasah, dengan tujuan agar anak mampu mengetahui betapa besar pengaruh syukur sehingga diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena hal itu, perlu adanya kajian mengenai konsep syukur menurut ‘Aiḍh Al-Qarni dalam buku Lā Taḥzan dan relevansinya dengan materi ‘Aqidah Akhlaq Madrasah Aliyah kelas X.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memaparkan konsep syukur dalam buku Lā Taḥzan Karya ‘Aiḍh Al-Qarni, (2) menguraikan relevansi isi buku Lā Taḥzan karya ‘Aiḍh Al-Qarni dengan materi syukur ‘Aqidah Akhlaq Madrasah Aliyah kelas X.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan. Dengan teknik pengumpulan data teknik literer. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Konsep syukur menurut ‘Aiḍh Al-Qarni dalam buku Lā Taḥzan adalah kerelaan atau keridhoan diri terhadap segala nikmat yang telah Allah berikan yang direalisasikan dalam bentuk lisan serta perbuatan. Syukur harus meliputi tiga hal, yakni: syukur dengan hati, syukur dengan lisan, dan syukur dengan perbuatan yang merupakan cara untuk bersyukur. (2) Konsep syukur menurut ‘Aiḍh Al-Qarni dalam buku Lā Taḥzan relevan dengan materi ‘Aqidah Akhlaq Madrasah Aliyah kelas X, karena syukur dalam ‘Aqidah Akhlaq membahas definisi, bentuk syukur, hal-hal yang harus di syukuri, serta hikmah dan manfaat syukur. Yang mana pembahasan dan penjelasannya sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh ‘Aiḍh Al-Qarni, akan tetapi ‘Aiḍh Al-Qarni menjelaskan secara lebih mendalam menggunakan kalimat motivasi,pengembangan diri dengan nafas religius, dan perlahan-lahan diajak untuk mengetahui, memahami dan melaksanakan anjuran-anjuran yang ada didalam buku tersebut. Sehingga, tanpa disadari akan membentuk karakter positif dalam diri, disertai dengan kisah inspiratif para nabi, Rasul, Sahabat serta para ulama yang melewati kehidupannya dengan penuh rasa syukur, serta dalil-dalil dari Al Qur’an dan hadits untuk menguatkan pembahasannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh.Munir
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:26
Last Modified: 10 Aug 2022 02:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20418

Actions (login required)

View Item View Item