Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Aktivis Rohani Islam Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa Studi Kasus SMK Neeri 1 Ponorogo

ahmad izzuddin, badawi (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Aktivis Rohani Islam Terhadap Sikap Keberagamaan Siswa Studi Kasus SMK Neeri 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210315160 - AHMAD IZZUDDIN BADAWI - PAI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Badawi, Ahmad Izzuddin. 2022. Peran kepala sekolah
dalam meningkatkan aktivis Rohani Islam terhadap
sikap keberagamaan studi kasus SMK N 1 Ponorogo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing, Kharisul Wathoni, M. Pd. I
Kata Kunci: Kepala Sekolah, Ektrakulikuler, Sikap
Keberagamaan.
Pendidikan formal disekolah terdiri atas intrakulikuler dan
ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan yang
dilakukan diluar jam pelajaran, berbagai macam kegiatan
ekstrakulikuler antara lain Pramuka, palang merah remaja
(PMR), Seni, Olahraga, dan juga Rohani Islam (ROHIS).
Bentuk kepedulian dan usaha yang dilakukan sekolah dalam
meningkatkan mutu pendidikan keagamaan di SMK N 1
Ponorogo adalah dengan memberikan wadah kerohanian Islam
(ROHIS) kepada siswa. Rohani Islam merupakan
ekstrakulikuler yang di kembangkan oleh siswa dan pembina
Rohani Islam itu sendiri untuk mencapai suatu tujuan.
Kegiatan-kegiatan yang dilakukan sepertihalnya kajian, hadroh
dan membaca Al-Qur’an. Tetapi selain itu Rohani Islam juga
disinyalir sebagai tempat yang berpotensi untuk menyebarkan
ajaran radikalisme, adapun radikalisme adalah tindakan
seseorang atau kelompok tertentu yang menggunakan cara-cara
kekerasan dalam mengusung perubahan yang diinginkan.
Kelompok radikal umumnya menginginkan perubahan tersebut
dalam tempo singkat serta secara drastis yang bertentangan
dengan sistem yang berlaku.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran kepala
sekolah dalam meningkatkan aktivis Rohani Islam di SMK N 1
Ponorogo. (2) Sikap keberagamaan aktifis Rohani Islam
(ROHIS) di SMK N 1 Ponorogo
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif
dengan model studi kasus. Teknik pengumpulan data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara,
dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan teknik analisis data model Miles &
Huberman meliputi: reduksi data (data reduction), penyajian
data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion)
yang terdiri dari 4 (empat) tahapan yang harus dilakukan,
yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display (sajian) data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut:
(1) Peran Kepala Sekolah dalam meningkatkan aktivis Rohani
Islam. Yaitu dengan adanya bimbingan maupun arahan serta
antisipasi dari pembina Rohis, seluruh anggota rohis terhindar
dari pemikiran yang radikal. Adapun kiat-kiat antisipasi adalah
a) pembelajaran Aqidah yang benar, b) Sosialisasi terhadap
Guru MGMP, c) Selektif terhadap pemateri Kajian, d)
Diadakannya kegiatan positif seperti pembacaan hadist,
Muhadhoroh, dan lomba-lomba keagamaan dan lainnya. (2)
Sikap keberagamaan aktifis Rohani Islam (ROHIS) di SMK N
1 Ponorogo adalah secara peralahan membentuk pola sadar
terhadap sikap religius, pola tersebut adalah a) Selalu
menempuh jalan yang didasari didikan ketuhanan dengan
melaksanakan ibadah. b) Senantiasa berpedoman kepada
petunjuk Allah untuk membedakan baik dan buruk. c) Merasa
memperoleh kekuatan untuk menyeru dan berbuat benar. d)
Memiliki keteguhan hati untuk berpegang kepada agama. e)
Tetap tabah dalam kebenaran dalam segala kondisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 03 Aug 2022 08:55
Last Modified: 03 Aug 2022 08:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20404

Actions (login required)

View Item View Item