..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG)..PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI ILMIAH

Sugiono, Intan (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG)..PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI ILMIAH. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
207180086_Intan Brilyanti Sugiono_Tadris IPA.docx

Download (3MB)

Abstract

Dinamika dalam pendidikan IPA tidak terlepas dari adanya perkembangan teknologi, seiring dengan perkembangan zaman, teknologi kian pesat menguasai berbagai bidang didunia utamanya adalah dalam dunia pendidikan, salah satu bidang pendidikan yang terdampak adalah pendidikan IPA. Dalam pendidikan IPA sendiri terdapat kemampuan representasi yang penting dimiliki peserta didik untuk mempermudah dalam proses pembelajaran. Salah satu sekolah yang juga memerlukan kemampuan tersebut adalah MTsN 4 Magetan, yang berdasarkan survey pada tanggal 29 Januari memiliki permasalahan yaitu kurangnya kemampuan representasi peserta didik dan rendahnya kemampuan menganalisis soal HOTS. Maka perlu adanya penunjang belajar yang mampu meningkatkan kemampuan representasi peserta didik berupa LKPD berbasis multiple representation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis multiple representation yang teruji kevalidan, keterlaksanaan dan keefektivitasannya dimana kesemua uji tersebut berguna untuk meningkatkan kmampuan representasi peserta didik secara signifikan dan terarah.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan model Borg and Gall. Pengembangan produk LKPD ini divalidasi oleh 7 validator ahli. Sampel yang digunakan adalah 20 peserta didik kelas VII G sebagai kelas uji coba skala terbatas dan 32 peserta didik kelas VII B sebagai kelas uji coba skala besar.
Hasil penelitian adalah hasil berupa validasi dan reliabilitas, keterlaksanaan dan keefektivan. (1) Pada hasil validitas yang dinilai oleh validator ahli menunjukkan hasil yang valid dan hasil dari reliabilitas dinyatakan reliabel setelah diuji dengan menggunakan uji alpha cronbach.(2) Pada hasil keterlaksanaan dianalisis menggunakan akumulasi persentase angket respon guru dan juga angket peserta didik dan telah dinyatakan baik. (3) Hasil efektivitas LKPD berbasis multiple representation dilakukan dengan menggunakan perhitungan N-Gain dengan hasil akhir nilai N-Gain sebesar 0.4699. Sedangkan pada setiap indikator kemampuan representasi yang dinilai telah menunjukkan adanya peningkatan dari

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 02 Aug 2022 01:46
Last Modified: 02 Aug 2022 01:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20403

Actions (login required)

View Item View Item