Analisis Maqhasid Al-Shari'ah terhadap Peraturan Bupati Magetan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Gerakan Wajib Menanam Pohon sebagai Syarat Pernikahan

Adryanto, Bagus Fajar (2022) Analisis Maqhasid Al-Shari'ah terhadap Peraturan Bupati Magetan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Gerakan Wajib Menanam Pohon sebagai Syarat Pernikahan. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
TESIS UNTUK PERPUSTAKAAN PUSAT NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Di Kabupaten Magetan pasangan yang ingin melangsungkan pernikahan tidak hanya diwajibkan untuk memenuhi ketentuan hukum Islam dan hukum positif. Sejak 17 Maret 2020 calon pengantin harus memenuhi ketentuan lainnya yang termuat dalam Peraturan Bupati Magetan Nomor 11 Tahun 2020 tentang Gerakan Wajib Menanam Pohon. Dalam Perbup tersebut dijelaskan, masing-masing pengantin yang ingin melangsungkan pernikahannya wajib menanam minimal satu buah pohon. Dalam penelitian ini penulis berkeinginan untuk memotret Perbup tersebut dengan fiqih lingkungan dan konsep maqa>s>>}hi>>d al-shari<’ah. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan teori yang digunakan adalah teori fiqih lingkunga dan maqa>s>>}hi>>d al-shari<’ah.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan, bahwa Perbup ini selaras dengan apa yang diajarkan oleh agama Islam. Hal tersebut ditandai dengan banyak firman Allah Swt dan hadist Rasulallah Saw yang mengarahkan manusia untuk melindungi, merawat, dan melestarikan lingkungan hidup. Berdasarkan analisis dan penggalian mendalam penulis, Perbup yang dibebankan pada calon pengantin berhubungan juga dengan pemeliharaan jiwa (hifd nafs), pemeliharaan akal (hifd aql), pemeliharaan keturunan (hifd nasl) dab pemeliharaan terhadap harta benda (hifd mal). Sedangkan untuk tingkatan atau kepentingan Perbub ini berada pada tingkatan tahsiniyyah. Dengan demikian Perbup ini telah layak berdasarkan konsep maqa>s>>}hi>>d al-shari<’ah. Adapun dalam persoalan penambahan syarat bagi calon pengantin menurut pandangan penulis tidak menjadi masalah, karena bagaimanapun setelah di analasis secara mendalam Perbup ini membawa kemaslahatan yang lebih besar ketimbang kemudaratanya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: ROHMAH MAULIDIA
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 01 Aug 2022 08:20
Last Modified: 01 Aug 2022 08:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20400

Actions (login required)

View Item View Item