Optimalisasi Pembelajaran Al – Qur’an Qira’ah Mujawwad Sebagai Upaya Mencetak Generasi Qari’ di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo

Syirojuludin, Muhammad (2022) Optimalisasi Pembelajaran Al – Qur’an Qira’ah Mujawwad Sebagai Upaya Mencetak Generasi Qari’ di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180382_Muhammad Syirojuludin_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Syirojuludin, Muhammad. 2022. Optimalisasi Pembelajaran Al-Qur’an Qira’ah Mujawwad Sebagai Upaya Mencetak Generasi Qari’ Di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Heriyudanta, M.Pd.I.
Kata Kunci: Qira’ah Mujawwad, Tilawah, Membaca Al-Qur’an

Seni baca Al-Qur’an jenis Qira’ah mujawwad yang artinya menjadi bacaan lebih baik/bagus Gaya tersebut melagukan secara penuh dengan banyak ornamentasi sebagai bentuk improvisasi agar menjadi indah. Seni baca Al-Qur’an ini merupakan salah satu yang dapat diterima di kalangan masyarakat luas. Pembelajaran metode Qiro’ati terdapat beberapa hal yang perlu di tingkatkan seperti minat, bakat santri – santri, tenaga pendidik, dan kompetensi pendidik guna tercapainya dalam mencetak generasi Qari’. Oleh karena itu ustadz yang mengampu mata pelajaran tersebut menerapkan metode yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam pembelajaran tilawah para santri di Madrasah Diniyah Ma’arif Pajeng 1 yaitu metode Qira’ah Mujawwad, dengan diterapkannya materi tersebut akan menambah kompetensi santri dalam menguasai pembalajaran Qira’ah.
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan tentang 1) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Qira’ah Mujawwad sebagai upaya mencetak generasi Qari’ di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo, 2) tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran Qira’ah Mujawwad di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo, 3) dampak bagi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Qira’ah Mujawwad sebagai upaya mencetak generasi Qari di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif, serta pengambilan datanya diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Yang nantinya data tersebut akan dilakukan analisis menggunakan cara reduksi data, penyajian data, danpenarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) pelaksanaan dalam pembelajaran tilawah meliputi niat yang ikhlas, yakin, talaqqi dan musyafahah, istiqomah dan konsisten latian, menerima nasehat dari guru, sering mendengarkan tiawah dan dengan menerapkan metode qira’ah mujawwad dapat mempengaruhi motivasi dan mempermudah santri dalam menguasai tilawah. Dengan bukti santri mampu mengikuti apa yang disampaikan oleh ustadznya dalam menerapkan materi qira’ah mujawwad. (2) Tantangan dan hambatan yang di hadapi oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran Qira’ah Mujawwad di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo yaitu Guru harus mempersiapkan dirinya dengan berbagai kompetensi dan keahlian sebagai pendidik, termasuk mempersiapkan pengetahuan dan keahlian dalam bidang Qira’ah Mujawwad. Hambatan yang di alami guru dalam pembelajaran Qira’ah mujawwad terletak pada kemampuan peserta didik yang belum mempunyai bakat dalam segi suara dari lahir, kurangnya motivasi, tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran. (3) Dampak bagi siswa dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an melalui metode Qira’ah Mujawwad sebagai upaya mencetak generasi Qari di Madrasah Diniyah Ma’arif Panjeng 1 Jenangan Ponorogo yaitu Anak - anak dapat membaca mengembangkan bakat yang dimiliki, serta mambangkitan budaya seni baca Al-Qur’an yang semakin pudar pada zaman sekarang. Metode Qira’ah mujawwad memiliki dampak positif bagi siswa dan hal tersebut merupakan langkah Madrasah Diniyah agar bisa meciptakan generasi-generasi Qari’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 29 Jul 2022 02:46
Last Modified: 29 Jul 2022 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20399

Actions (login required)

View Item View Item