Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas IV Di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo

Hasanah, Taslimatul (2022) Pengaruh Model Picture And Picture Terhadap Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Kelas IV Di MI Ma'arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Taslimatul Hasanah Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hasanah, Taslimatul. 2022. Pengaruh Model Picture and Picture Terhadap
Kemampuan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab kelas IV MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ika Rusdiana, MA.

Kata Kunci: Model Picture and Picture, Penguasaan, Kosakata, Bahasa Arab

Pengajaran bahasa ibu atau bahasa pertama lebih mudah karena terjadi secara alamiah melalui kegiatan dengan orang tuanya dan lingkungannya. Faktor utama yang menjadi penyebab kurang-berhasilnya pembelajaran bahasa Arab di Indonesia, yaitu faktor instrinsik bahasa dan faktor ekstrinsik bahasa. Faktor instrinsik bahasa ialah faktor internal bahasa dari segi linguistik bahasa Arab itu sendiri, misalnya dalam sistem bunyi, kosakata, sintaksis, dan semantik bahasa Arab banyak yang tidak ada padanannya dalam bahasa Indonesia. Seperti hal nya dengan pembelajaran BahasaArab di MI Ma’arif Ngrupit Jenangan Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk 1)mengetahui adanya pengaruh model Picture and Picture terhadap kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Arab Materi Afrad al-Usrah di kelas IV MI Ma’arif Ngrupit dan 2)untuk mengetahui perubahan kemampuan penguasaan kosakata Bahasa Arab siswa setelah menggunakan Model Picture and Picture pada Materi Afrad al-Usrah di kelas IV MI Ma’arif Ngrupit.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini menggunakan Kuantitatif dengan metode eksperimen yaitu dengan uji Pre-Test dan Post-Test kepada siswa kelas eksperimen dengan siswa 25 anak serta kelas control dengan siswa 25 anak. Tes ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil dari model yang digunakan dan yang tidak digunakan tersebut.
Berdasarkan analisis yang ditemukan bahwa Rata-rata hasil tes awal yang dilakukan pada kelas eksperimen sebelum diberi perlakuan yaitu penggunaan model Picture and picture adalah 51,04 meningkat menjadi 86,84, sedangkan pada kelas control memperoleh rata-rata nilai 77,28 dan hanya meningkat menjadi 80,40. Dari pengolahan data penerapan model Picture and picture terhadap pengaruh peningkatan penguasaan kosa kata Bahasa Arab mempunyai pengaruh yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen yang menggunakan model Picture and picture > nilai rata-rata kelas control menggunakan metode ceramah, karena nilai rata-rata kelas eksperimen adalah86,84, sedangkan nilai rata-rata kelas control adalah 80,40.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 28 Jul 2022 03:00
Last Modified: 28 Jul 2022 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20398

Actions (login required)

View Item View Item