UPAYA USTADZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MELALUI METODE HALAQAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO

Fauzi, Wachid Nur (2022) UPAYA USTADZ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA KITAB KUNING MELALUI METODE HALAQAH DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180461_Wachid Nur Fauzi_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nur Fauzi, Wachid. 2022. Upaya Ustadz dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kitab Kuning melalui Metode Halaqah di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudhi Prahara, M.Ag.
Kata Kunci: Ustadz, Kemampuan Membaca, Kitab Kuning, Halaqah
Pondok Pesantren Al-Barokah merupakan salah satu pondok salaf di wilayah Kabupaten Ponorogo yang menerapkan metode halaqah dalam mengajarkan materi kitab kuning kepada para santri. Diberlakukannya metode halaqah ini, disebabkan karena latar belakang santri yang begitu berbeda-beda, karena ada santri yang sudah mengenal tentang kitab kuning, tetapi juga tidak kalah banyak santri yang belum mengenal kitab kuning. Sehingga jangankan untuk berinteraksi dalam kegiatan pembelajaran, untuk membaca saja masih diperlukan banyak bimbingan. Jadi metode halaqah ini sebagai langkah awal untuk latihan membaca serta memahami apa maksud yang diajarkan oleh kitab, dengan demikian hal ini menjadi upaya tersendiri bagi para ustadz untuk mengembangkan cara mengajarnya melalui metode halaqah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo, (2) Menjelaskan upaya ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning melalui metode halaqah di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo, (3) Menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning melalui metode halaqah di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif milik Miles and Huberman yang terdiri atas tiga komponen analisis, berupa: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran kitab kuning yang dilakukan ustadz untuk meningkatkan kemampuan membaca santri, dilaksanakan setelah jama’ah sholat maghrib, bertujuan untuk mengetahui mana santri yang sudah lancar dan mana yang belum lancar membaca kitab kuning. Oleh karena itu para ustadz menggunakan berbagai upaya salah satunya dengan metode halaqah. (2) Upaya ustadz dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning melalui metode halaqah dilakukan para ustadz menggunakan beberapa strategi diantaranya dengan sistem tanya jawab, lebih memudahkan santri dalam memahami nahwu sharaf. Lalaran dengan berbagai nada, lebih memudahkan santri dalam menghafalkan qo’idah sehingga meningkatkan kemahiran santri dalam memahami kaidah dasar bahasa Arab. Dilatih membaca kitab sebelum dimulai pelajaran, santri menjadi lebih paham tentang tarqib yaitu bagaimana menyusun kalimat dengan benar. Serta melaksanakan evaluasi, dengan salah satu cara menguji santri secara lisan. (3) Faktor yang mendukung dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab kuning dengan metode halaqah diantaranya kemampuan ustadz dalam menguasai materi, semakin kecil kelompok belajar akan lebih memudahkan bertanya dan berdiskusi, serta terdapat sarana prasarana yang nyaman dan memadai. Sedangkan faktor yang menghambatnya antara lain perbedaan latar belakang santri, keterbatasan waktu santri sebab banyak yang kuliah, metode yang digunakan bisa dibilang membosankan sehingga butuh inovasi baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 27 Jul 2022 05:12
Last Modified: 27 Jul 2022 05:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20396

Actions (login required)

View Item View Item