Supervisi Manajerial Dalam Pengembangan Mutu Madrasah Aliyah di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo

Indra Prayuda, Yogi (2022) Supervisi Manajerial Dalam Pengembangan Mutu Madrasah Aliyah di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180068_Yogi Indra Prayuda_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indra Prayuda, Yogi. 2022. Supervisi Manajerial dalam Pengembangan Mutu Pendidikan Madrasah Aliyah di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegururan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing : Dr. H. Muhammad Thoyib, M.Pd.I.
Kata Kunci : Supervisi Manajerial, Mutu Madrasah
Supervisi merupakan aktivitas yang harus dilakukan oleh seorang pemimpin berkaitan dengan peran kepemimpinan yang diembannya dalam rangka menjaga kualitas produk yang dihasilkan lembaga. Usaha kearah pengembangan pembinaan madrasah adalah sebagai kerangka dasar strategis pengembangan madrasah pada umumnya secara bertahap perlu dikembangkan sejalan dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat yang penjabarannya lebih lanjut dituangkan dalam berbagai peraturan dan pedoman pelaksanaannya yang operasional. Seperti halnya yang dilakukan oleh supervisor di Pokjawas Kemenag Ponorogo yang sudah menjalankan tupoksinya masing-masing guna memberikan pelayanan secara maksimal terhadap lembaga pendidikan formal madrasah khususnya Madrasah Aliyah yang akan dibahas pada penelitian skripsi ini.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini : (1) Mengetahui dan mendeskripsikan strategi supervisi manajerial dalam pengembangan mutu pendidikan Madrasah Aliyah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, (2) Mengetahui, menganalisis, dan mendeskripsikan implementasi supervisi manajerial dalam pengembangan mutu pendidikan Madrasah Aliyah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, (3) Mengetahui dan mendeskripsikan hasil supervisi manajerial dalam pengembangan mutu pendidikan Madrasah Aliyah di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah : wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian dilakukan dengan tiga tahapan yaitu, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah : (1) Strategi yang digunakan oleh pengawas madrasah dalam kegiatan pembinaan dan supervisi di lembaga sangat beragam yaitu sharing of experience, FGD, observasi, wawancara, dokumentasi (untuk memberikan bukti), diskusi, serta metode tanya jawab. (2) Implementasi dalam kegiatan supervisi manajerial oleh pengawas madrasah Kementerian Agama Ponorogo mencakup 4 standar penilaian yang digunakan dalam pelaksanaan supervisi yaitu standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. (3) Hasil setelah dilaksanakan supervisi manajerial bisa dilihat melalui peningkatan nilai akreditasi yang terus naik pada setiap penilaian madrasah di Kabupaten Ponorogo. Setelah diketahui hasil dari pelaksanaan supervisi maka kegiatan selanjutnya adalah evaluasi yang biasa dilaksanakan periode satu semester atau 6 bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jul 2022 03:59
Last Modified: 27 Jul 2022 01:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20394

Actions (login required)

View Item View Item