..(PERBAIKI DENGAN SCAN BERWARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD DENGAN PEDEKATAN SENTRA (Studi Kasus di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018)

Hajar, Siti (2018) ..(PERBAIKI DENGAN SCAN BERWARNA PADA LEMBAR PENGESAHAN DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...MANAJEMEN PEMBELAJARAN PAUD DENGAN PEDEKATAN SENTRA (Studi Kasus di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS 212216046 SITI HAJAR.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

SITI HAJAR. 2018. Manajemen Pembelajaran PAUD dengan Pendekatan Sentra (Studi Kasus di TKIT 1 Qurrota A’yun Ponorogo Tahun Pelajaran 2017/2018). Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. AKSIN, M.Ag.

Kata Kunci: Manajemen, Pembelajaran, PAUD, Sentra.

Pembelajaran pendekatan sentra menghadirkan secara natural dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong anak membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari, dengan diterapkannya pendekatan sentra ini, anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah dan belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami apa yang sedang dipelajari bukan sekedar mengetahui.

Penelitian tesis ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran PAUD di TKIT 1 Qurrota A’yun. 2) Untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran PAUD pendekatan sentra di TKIT 1 Qurrota A’yun.

Penelitian ini dilaksanakan di TKIT 1 Qurrota A’yun. Penelitaian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan prosedur pengumpulan data melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisa hasilnya peneliti menggunakan analisa dengan teknik Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Manajemen pembelajaran PAUD di TKIT 1 Qurrota A’yun meliputi: (a) Perencanaan (Planning) program pembelajaran dan program pengembangan lembaga; (b) Pengorganisasian (Organizing) lembaga dibuat berdasarkan tugas pokok dan fungsi setiap anggota; (c) Penggerakan (Actuating) program lembaga berdasarkan rencana yang telah dibuat dan dilaksanakan; (d) Pengawasan (Controlling) pada lembaga dilakukan secara internal oleh kepala sekolah. Sedangkan pengawasan eksternal dilakukan oleh Yayasan Qurrota A’yun, Penilik PAUD dari UPT Dinas Pendidikan dan Akreditasi Lembaga; 2) Pelaksanaan Pembelajaran Pendekatan Sentra di TKIT 1 Qurrota A’yun ada 4 jenis yang disesuaikan dengan kemampuan lembaga. Pembelajaran sentra dilaksanakan selama 4 hari mulai Senin-Kamis, yaitu sentra persiapan, sentra alam, sentra balok dan kreatifitas, serta sentra seni peran dan olah tubuh. Sedangkan hari Jumat digunakan sebagi akhir tema atau puncak tema. Proses pembelajaran dimulai dari pijakan lingkungan main yang dilakukan di pagi hari. Selanjutnya pijakan sebelum bermain, dilakukan dengan membuat lingkaran. Langkah selanjutnya adalah pijkan saat bermain, yaitu anak bermain di sentra. Di sini peran guru adalah mengamati, mengawasi, memberikan bantuan ketika anak belum mampu melakukan permainan serta memotivasi anak. Langkah terakhir yang dilakukan dalam pembelajaran sentra adalah pijakan setelah bermain. Anak diajak duduk melingkar untuk recalling materi yang telah dilalui anak pada hari itu. Evaluasi pembelajaran sentra di TKIT 1 Qurrota A’yun dilakukan secara bertahap, mulai dari penilaian harian setiap selesai pembelajaran sentra, penilaian mingguan setiap akhir perputaran sentra, penilaian paruh semester pada tengah semester dan penilaian akhir semester yaitu sebagai bahan laporan perkembangan belajar anak kepada orang tua.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aksin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jul 2022 02:29
Last Modified: 23 Jul 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20392

Actions (login required)

View Item View Item