Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Telur Burung Merpati Balap Di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo

Umam, Syafiul (2022) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Telur Burung Merpati Balap Di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Syafiul Umam, 2022. “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Telur Merpati Balap di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala, S. Ag. M.H.I
Kata Kunci: Hukum Islam, Jual Beli, Penetapan Harga, Telur Merpati Balap
Dalam akad jual beli Telur Burung Merpati Balap di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo belum begitu jelas akad yang digunakannya, karena tidak ada perjanjian kepada kedua belah pihak, praktik yang digunakan dalam jual beli. Dalam penetapan harga telur burung merpati balap di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo penjual burung merpati balap tidak memiliki patokan harga secara tertulis atau secara khusus terhadap Telur Burung Merpati Balap yang dijualnya, penjual biasanya memberikan harga sesuai dari kualitas burung merpati balap tersebut.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum islam terhadap Akad jual beli telur burung merpati balap di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo. (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap penetapan harga jual beli telur burung merpati balap di Desa Karangjoho Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penluis merupakan penelitian lapangan (filed research). Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data lapangan. Penulis menggunakan pendekatan kualitatif, dan analisa dengan menggunakan metode induktif, yaitu menelaah dari fakta dan data yang bersifat khusus dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum. Untuk mengelola data, penulis menggunakan editing, organizing, dan penemuan hasil.
Kesimpulan akhir dalam penelitian ini yang pertama ialah akad dalam jual beli telur burung merpati balap menurut hukum islam tidak sesuai dan terhalang, karena objek jual beli yakni telur dan anakan burung merpati balap masih belum jelas secara kualitas dan kuantitas.Kedua penetapan harga jual beli burung merpati balap sudah sesuai dengan syariat islam dan tidak melanggar beberapa ketentuannya. Antara penjual dan pembeli sudah saling suka sama rela dan juga sama- sama ridho dengan harga yang sudah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jul 2022 01:31
Last Modified: 21 Jul 2022 01:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20391

Actions (login required)

View Item View Item