Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMK Negeri 2 Ponorogo

ulul aziz muhayan putra, Fakih (2022) Supervisi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Pada SMK Negeri 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PADA SMK NEGERI 2 PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Putra, Fakih Ulul Aziz Muhayan. 2022. Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kompetensi Profesional Guru Pada SMK Negeri 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan
Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama
Islam Negeri ( IAIN ) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Mukhibat, M.Ag.
Kata kunci: Supervisi, Kepala Sekolah, Profesional Guru
Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran kedalam otak
anak didik, sedangkan sebagi pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar
menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Tugas yang berat dari seorang
guru pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi profesional
yang tinggi. Untuk meningkatkan profesional guru maka perlu diadakan supervisi oleh kepala
sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) teknik supervisi kepala sekolah dalam
meningkatan kompetensi profesional guru di SMKN 2 Ponorogo (2) pendekatan supervisi kepala
sekolah dalam meningkatan kompetensi profesional guru di SMKN 2 Ponorogo (3) hasil
supervisi kepala sekolah dalam meningkatan kompetensi profesional guru di SMKN 2 Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research.
Lokasi penelitian ini adalah SMKN 2 Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan
observasi non partisipatif, wawancara terstruktur dan mendalam serta dokumentasi. Analisis
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan
keabsahan temuan dilakukan dengan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan
referensi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Teknik supervisi kepala sekolah
yang dilakukan di SMKN 2 Ponorogo menggunakan dua teknik, yaitu teknik individual yang
meliputi observasi kelas, percakapan pribadi, inter visitasi, penyeleksi berbagai sumber
mengajar, menilai diri sendiri, untuk kunjungan kelas masih belum dilakukan secara
kontinyu/rutin oleh kepala sekolah dikarenakan banyak tugas diluar kota. Teknik kelompok
meliputi pertemuan orientasi, rapat guru, studi kelompok antar guru, diskusi, tukar menukar
pengalaman, untuk workshop sementara ini ditiadakan karena pandemi covid-19 yang menjadi
kendala. (2) Pendekatan supervisi kepala sekolah yang dilakukan di SMKN 2 Ponorogo
menggunakan pendekatan supervisi pembelajaran direktif (langsung), sedangkan untuk
pendekatan supervisi pembelajaran non direktif (tidak langsung) belum diterapkan dengan baik
karena kepala sekolah sulit untuk ditemui. Dan untuk pendekatan kolaboratif juga belum
diterapkan dikarenakan kedua pendekatan secara lagsung dan tidak langsung harus dilaksanakan
secara bersamaan. (3) Hasil supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMKN 2 Ponorogo
adalah mampu meningkatkan profesional guru pada kompetensi pedagogik, kompetensi
kepribadian, kompetensi profesional dan kompetensi sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHIBAT
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jul 2022 08:24
Last Modified: 19 Jul 2022 08:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20385

Actions (login required)

View Item View Item