..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penerapan Metode Soiodrama Dan Kretivitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo

Pratiwi, Nabilla Amiroh (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengaruh Penerapan Metode Soiodrama Dan Kretivitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180163_Nabilla Amiroh Pratiwi_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pratiwi, Nabilla Amiroh. 2022. Pengaruh Penerapan Metode Soiodrama Dan Kretivitas Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Sugiyar, M.Pd.I
Kata kunci : Sosiodrama, Kreativitas Guru, Hasil Belajar
Dalam melakukan pembelajaran terdapat 3 komponen penting yang menjadi kuci keberhasilan. Yaitu guru, materi dan murid. Untuk itu peran guru menjadi salah satu hal yang penting dalam proses belajar mengajar. Namun pada faktanya, guru masih belum efektif dalam melakukan pembelajaran. Termasuk kurangnya inovasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Salah satunya dengan metode sosiodrama. Selain itu dibutuhkan pula kreativitas guru agar tujuan pendidikan dapat sampai.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa MTs Hudatul Muna. 2) Untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa MTs Hudatul Muna. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode sosiodrama dan kreativitas guru terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menganalisi data yang diperoleh. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre-Experiment Design dengan rancangan penelitian The One Shot Case Study. Yaitu rancangan penelitian eksperimen yang hanya menyangkut satu kelompok atau peristiwa pada waktu tertentu. Oleh karena itu, tidak ada kelompok kontrol yang dibandingkan dengan kelompok eksperimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah simple random sampling kemudian dipetakkan menggunakan teknik propotion stratified random sampling. Hingga memperoleh 40 responden sebagai sampel.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa 1) Penerapan metode sosiodrama secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan yang diperoleh nilai sign 0,001 < 0,05, maka H1 diterima. 2) Kreatifitas guru secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Hal ini ditunjukkan dari hasil penghitungan memalui bahwa nilai signfikan varianel kreativitas guru adalah 0,001 < 0,05, maka H1 diterima. 3) Penerapan metode sosiodrama dan kreativitas guru secara signifikan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa hasil belajar siswa kelas VIII MTs Hudatul Muna Jenes Ponorogo. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan bahwa nilai signifikan yang muncul sebesar 0,002 < 0,05, maka H1 diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sugiyar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jul 2022 06:32
Last Modified: 19 Jul 2022 06:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20384

Actions (login required)

View Item View Item