Korelasi Komptetensi Manajerial Kepala Madrasah dengan Budaya Organisasi di MAN 1 Ponorogo

Tantawi, Riflan (2022) Korelasi Komptetensi Manajerial Kepala Madrasah dengan Budaya Organisasi di MAN 1 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Riflan Upload NEw.pdf

Download (66MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Tantawi, Riflan. 2022 : Korelasi Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dengan Budaya Organisasi di MAN 1 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd.

Kata Kunci : Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah, Budaya Organisasi

Kompetensi manajerial kepala madrasah merupakan kemampuan seseorang dalam mengelola organisasi atau mengelola lembaga pendidikan sehingga lembaga pendidikan tersebut menjadi lebih baik dan memiliki mutu yang baik. Tugas dan fungsi kepala madrasah harus memiliki kemampuan dalam memobilisasi sumber daya madrasah yang ada, melakukan perencanaan serta penyusunan program kegiatan madrasah dan yang terakhir melakukan monitoring serta evaluasi terkait dengan hasil kinerja yang dilakukan sebelumnya. Sedangkan budaya organisasi merupakan bentuk program untuk membentuk mental, inisiatif individu, toleransi, pengarahan, integritas, dukungan manajemen, sistem penghargaan tolerasi konflik dan pola komunikasi sumber daya yang ada dalam suatu organisasi sehingga mampu melakukan suatu pertimbangan dan pemikiran dengan bijaksana.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Tingkat Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah Di MAN 1 Ponorogo, (2) Tingkat Budaya Organisasi Di MAN 1 Ponorogo, dan (3) Korelasi Antara Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah dengan Budaya Organisasi Di MAN 1 Ponorogo.
Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang berjumlah 50 orang. Untuk mengambil sampel peneliti menggunakan penelitian sampling jenuh dikarenakan sampel kurang dari 100. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan angket dan dokumentasi. Untuk uji validitas dengan menggunakan korelasi product moment, uji reabilitas dengan menggunakan alpha cronbach, sedangkan untuk analisa data menggunakan rumus korelasi sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data, disimpulkan bahwa (1) tingkat kompetensi manajerial kepala madrasah di MAN 1 Ponorogo termasuk kategori sedang dengan prosentase 66%; (2) Tingkat Budaya Organisasi di MAN 1 Ponorogo termasuk dalam kategori sedang dengan prosentase 62%; (3) Kompetensi manajerial kepala madrasah memiliki hubungan yang signifikan dengan budaya organisasi di MAN 1 Ponorogo, dibuktikan dengan perhitungan korelasi sederhana menggunakan SPSS 16 for windows yang dilihat pada Pearson Corelasi yaitu dengan nilai 0, 493. Dimana jika Koefisien korelasi > r tabel maka H0 ditolak dengan kesimpulan Ha diterima, sehingga diambil keputusan bawah terdapat hubungan yang signifikan diantara kedaunya dengan tingkat 50%

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:29
Last Modified: 18 Jul 2022 01:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20379

Actions (login required)

View Item View Item