PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA SMKN 1 PONOROGO KELAS XI JURUSAN BDP TAHUN AJARAN 2021/2022

Aprilia, Nadiah Nasuha (2022) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA SMKN 1 PONOROGO KELAS XI JURUSAN BDP TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180164-NADIAH NASUHA APRILIA-PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya, saat proses pembelajaran, banyak siswa yang kurang memperhatikan pembelajaran karena bermain dengan temannya dan bermain handphone pada jam pelajaran berlangsung, ditemukan ada 2 siswa yang bolos sekolah, pada saat proses pembelajaran, ketika guru menjelaskan materi pembelajaran ada siswa yang ramai dengan ngobrol dengan teman sebangkunya dan ketika guru memberikan latihan atau tugas di rumah banyak siswa yang terlambat mengumpulkan. maka hal tersebut berpengaruh terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Adapun yang mempengaruhi hasil belajar yaitu faktor eksternal lingkungan keluarga dan faktor internal kesiapan belajar.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMKN 1 Ponorogo kelas XI Jurusan BDP tahun ajaran 2021/2022. (2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMKN 1 Ponorogo kelas XI Jurusan BDP tahun ajaran 2021/2022. (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMKN 1 Ponorogo kelas XI Jurusan BDP tahun ajaran 2021/2022.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan teknik pengambilan sampel random sampling, dengan jumlah sampel 87. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Sedangkan analisis data untuk rumusan satu dan dua menggunakan uji regresi linier sederhana dan untuk rumusan masalah tiga menggunakan uji regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMKN 1 Ponorogo kelas XI jurusan BDP tahun ajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh sebesar 5,1%. (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMKN 1 Ponorogo kelas XI jurusan BDP tahun ajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh sebesar 4,7%. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan keluarga dan kesiapan belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa SMKN 1 Ponorogo kelas XI jurusan BDP tahun ajaran 2021/2022 dengan besar pengaruh sebesar 10,1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Retno Widyaningrum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jul 2022 01:28
Last Modified: 18 Jul 2022 01:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20378

Actions (login required)

View Item View Item