...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENCATATAN PERKAWINAN TANPA DI DAHULUI RAFAK DI MASA PANDEMI (Studi Kasus di KUA Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo)

Rahmatulloh, Agus Isnaini (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...ANALISIS YURIDIS TERHADAP PENCATATAN PERKAWINAN TANPA DI DAHULUI RAFAK DI MASA PANDEMI (Studi Kasus di KUA Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210117175_AGUS ISNAINI RAHMATULLOH_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmatulloh, Agus Isnaini, 2022 . Analisis Yuridis Terhadap Pencatatan Perkawinan Tanpa Didahului Rafak (Studi Kasus di Kantor Urusan Agama Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.

Kata Kunci/keyword: Pencatatan Perkawinan, Pemeriksaan Dokumen
Pencatatan perkawinan adalah pendataan administrasi perkawinan yang ditangani oleh Pegawai Pencatatat Nikah yang bertujuan untuk menciptakan ketertiban hukum. Penelitian ini menunjukkan bahwa peraturan tentang pemeriksaan dokumen nikah diatur dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 19 Tahun 2018 tentang Pencatatan Perkawinan. Karean pemeriksaan dokumen merupakan salah satu proses dari pencatatan perkawinan. Akan tetapi pemeiksaan dokumen ini bersifat administrasi sehingga tidak menjadi penentu sah atau tidaknya suatu perkawinan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana praktik pencatatan perkawinan tanpa didahului rafak di KUA Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana analisis yuridis terhadap pencatatan perkawinan tanpa didahului rafak di KUA Kecamatan Siman Kabupaten Ponorogo?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dari mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan kesimpulan bersifat umum.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pecatatan perkawinan tidak dilaksanakan pemeriksaan dokumen yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Namun hal ini tidak menjadi tolak ukur sah atau tidaknya suatu perkawinan karena pemeriksaan dokumen bersifat administrasi. Hanya saja dalam kasus pencatatan perkawinan ini tidak melakukan pemeriksaan dokumen yang menjadi salah satu tahapan dari pencatatan perkawinan. Pemeriksaan dokumen nikah atau biasa disebut rafak ini bertujuan untuk memastikan kecocokan data dari calon pengantin dan juga tidak adanya halanganuntukmelaksanakanperkawinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 14 Jul 2022 01:02
Last Modified: 14 Jul 2022 01:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20369

Actions (login required)

View Item View Item