Aktualisasi Life Skills (Kecakapan Hidup) di Pondok Pesantren An-Najiyah L3ngkong Sukorejo Ponorogo

Rafidatul Azizah, Rahma (2022) Aktualisasi Life Skills (Kecakapan Hidup) di Pondok Pesantren An-Najiyah L3ngkong Sukorejo Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180186_RAHMA RAFIDATUL AZIZAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rafidatul Azizah, Rahma. 2022.Aktualisasi Life Skills (Kecakapan Hidup) di Pondok
Pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan
Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri
Ponorogo. Pembimbing Skripsi: Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.
Kata Kunci: Aktualisasi, Life Skills, Pondok Pesantren
Lembaga pendidikan Islam mempunyai andil yang besar untuk proses menjalani hidup.
Pendidikan Islam harus menyiapkan sumber daya manusia yang tidak hanya sebagai penerima
arus informasi global namun juga memberikan bekal untuk mengolah, menyesuaikan, dan
mengembangkan segala hal yang diterima melalui arus informasi yaitu menjadi manusia yang
kreatif dan produktif. Pondok pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo sebagai salah satu
lembaga pendidikan Islam berupaya membuka wacana global yang terjadi di masyarakat sekitar
pondok pesantren ataupun masyarakat umum dan berbagai masalah yang muncul di kalangan
santri setelah lulus dari pondok pesantren, seperti kurang kreatifnya santri setelah lulus dalam
artian santri tidak tahu apa yang harus dilakukan, sehingga dikatakan santri kurang cakap dalam
menyelesaikan permasalahan hidupnya. Atas hal ini pondok pesantren An-Najiyah
mengintrogasikan pola pendidikannya melalui berbagai latihan-latihan dan pola pembiasaan
hidup mandiri yang melekat pada kehidupan keseharian para santri yang mengarah pada
pengembangan life skills.
Pada saat ini masih banyak pengangguran dikalangan terdidik baik yang berasal dari lulusan
lembaga pendidikan formal maupun non formal yang belum bisa menguasai keterampilan. Oleh
karena itu perlu diadakan penelitian tentang “Aktualisasi Life Skills (Kecakapan Hidup) di
Pondok Pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo”. Penelitian ini bertujuan untuk (1)
Mendeskripsikan aktualisasi kecakapan personal (Personal Skills) di pondok pesantren AnNajiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo (2) Mendeskripsikan aktualisasi kecakapan sosial (Social
Skills) di pondok pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo (3) Mendeskripsikan
aktualisasi kecakapan akademik (Academic Skills) di pondok pesantren An-Najiyah Lengkong
Sukorejo Ponorogo (4) Mendeskripsikan aktualisasi kecakapan vokasional (Vocational Skills) di
pondok pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo Ponorogo (5) Mendeskripsikan aktualisasi
kecakapan berpikir (Thinking Skills) di pondok pesantren An-Najiyah Lengkong Sukorejo
Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu penelitian yang
memberikan hasil data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan
perilaku yang diamati. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi,
dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Pondok Pesantren An-Najiyah
Lengkong Sukorejo dapat ditarik kesimpulan bahwa (1) Aktualisasi kecakapan personal di
pondok pesantren An-Najiyah dibentuk melalui kegiatan pengajian rutin kitab kuning tiap ba‟da
subuh dan isya‟, kemudian dengan kegiatan ibadah sunah seperti sholat duha, sholat tahajud,
tadaraus Al-qur‟an, dan lain-lain. Selain itu juga melalui pola pembiasaan hidup mandiri bagi
para santri dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sehari-hari. (2) Aktualisasi kecakapan
sosial di pondok pesantren An-Najiyah dibentuk melalui kegiatan organisasi yang dikelola oleh
santri. Tujuannya adalah untuk melatih jiwa kepemimpinan (Leadership) bagi para santri. (3)
Aktualisasi kecakapan akademik di pondok pesantren An-Najiyah dibentuk melalui kegiatan
belajar formal dan non formal seperti madrasah Tsanawiyah, madrasah Aliyah, dan madrasah
Diniyah. (4) Aktualisasi kecakapan vokasional di pondok pesantren An-Najiyah dibentuk
melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti Qiroah, Hadroh Al-Banjari, Kaligrafi, Futsal, Arabic
Club, English Club, dan Enterpreneurs Club. (5) Aktualisasi kecakapan berpikir di pondok
pesantren An-Najiyah dibentuk melalui kegiatan pengajian kitab dengan metode sorogan dan
wektonan, forum keilmuan santri, kegiatan muhadhoroh, syawir, dan Bahtsu Masail.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:43
Last Modified: 08 Jul 2022 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20361

Actions (login required)

View Item View Item