..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Penerapan Metode Sorogan dan Imla' dalam Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an bagi Santri di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan

Cahyaningrum, Murni (2022) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..Penerapan Metode Sorogan dan Imla' dalam Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an bagi Santri di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cahyaningrum, Murni. 2022. Penerapan Metode Sorogan dan Imla' dalam Peningkatan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur'an bagi Santri di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, M.Ag., Ph.D.
Kata Kunci: Metode Sorogan, Imla’, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an.
Pembelajaran pada hakikatnya adalah proses interaksi antara guru dan santri, dan lingkungan yang ada di sekitarnya yang dalam proses tersebut terdapat upaya untuk meningkatkan kualitas diri santri menjadi lebih baik dari sebelumnya. Guna mencapai tujuan tersebut diperlukan metode pembelajaran yang sesuai. Di Madin Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan telah menerapkan metode sorogan dan imla’ dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi santri.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan metode sorogan dan imla’ dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi santri di Madin Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan. 2) Menganalisis faktor-faktor yang mendukung dan menghambat penerapan metode sorogan dan imla’ dalam perningkatan kemampuian baca tulis Al-Qur’an bagi santri di Madin Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan. 3) Menganalisis implikasi penerapan metode sorogan dan imla’ dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi santri di Madin Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian dengan mernggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sedangkan untuk pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Pelaksanaan metode sorogan di Madin Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan dilaksanakan dengan cara santri maju menghadap ustadz/ustadzah satu persatu membaca jilid/Al-Qur’an kemudian ustadz/ustadzah menyimak dan mengoreksi maharijul huruf, panjang pendek maupun tajwidnya. Sedangkan pelaksanaan metode imla’ dengan cara ustadz/ustadzah mendekte ayat Al-Qur’an sesuai maharijul huruf, panjang pendek maupun tajwidnya kemudian ditirukan oleh santri sebanyak 3 kali. Ustadz/ustadzah mendekte sebanyak 5 nomor, setelah selesai ustadza/ustadzah menilai apa yang telah ditulis santri tersebut. (2) Faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan metode sorogan di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan yaitu: ustadz/ustadzah dan santri, sarana dan prasarana, ketersediaan kitab, jadwal yang terstruktur. Dan faktor-faktor yang menghambatnya yaitu: keterbatasan waktu, suasana yang kadang kurang kondusif. Sedangkan faktor-faktor yang mendukung pelaksanaan metode imla' di Madrasah Diniyah Al-Hidayah Kedungpanji Lembeyan Magetan yaitu ustadz/ustadzah dan dari santri itu sendiri yang sudah faham tulisan arab. Dan faktor-faktor yang menghambatnya yaitu: ustadzah/ustadzahnya, santri dan sarana dan prasarananya. (3) Implikasi dari penerapan metode sorogan dan imla’ dalam peningkatan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi santri di madin al-hidayah bisa dikatakan efektif. Dapat dikatakan demikian karena para santri telah memenuhi indikator kemampuan membaca Al-Qur’an dengan baik, diantaranya adalah: a) tajwid, b) makharijul huruf, c) shifatul huruf, d) kelancaran/at-tartil. Sedangkan indikator kemampuan menulis Al-Qur’an dengan baik, diantaranya adalah: a) Memindahkan kata, kalimat atau teks tertulis kedalam buku tulis (imla’ manqul imla’manzur), b) Menulis bunyi kata, kalimat atau teks yang diperdengarkan (imla’ masmu’), c) Menjawab secara tertulis dari soal lisan (imla’ ikhtibari), d) Menyusun kata-kata menjadi kalimat, e) Menyusun kalimat menjadi paragraph (insya’ muwajjah), f) Membuat karangan bebas (insya’ hurr).

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Nur Kholis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 Jul 2022 06:15
Last Modified: 07 Jul 2022 06:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20357

Actions (login required)

View Item View Item