Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Wali Murid SDIT Al Furqon Maospati Pada Masa Pandemi Covid-19

Abdullah, Rafiq Rahadiyan (2022) Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) Wali Murid SDIT Al Furqon Maospati Pada Masa Pandemi Covid-19. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
RAFIQ_TESIS_2022 FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Abdullah, Rafiq Rahadiyan . 2021. Peran Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Wali Murid SDIT Al Furqon Maospati Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19. sejak datangnya pandemi Covid-19 di Indonesia SDIT Al-Furqon mulai menerapkan pembelajaran daring sepenuhnya, dikarenakan SDIT Al Furqon memiliki banyak siswa dari berbagai daerah di Magetan bagian timur, jadi sangat tidak memungkinkan bagi para guru untuk melakukan home visit seperti halnya yang biasa dilakukan Sekolah Dasar (SD) lain.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang bagaimana Peran Kepala Sekolah dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Wali Murid SDIT Al Furqon Maospati Magetan Pada Masa Pandemi Covid-19.
Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatf dengan jenis penelitian studi kasus.
Aktifitas dalam analisis meliputi, paparan dan analisis, pembahasan, serta sinkronisasi dan transformasi.
Penelitian menunjukkan bahwa (1) kepala sekolah sebagai educator menjadi sosok yang mengupayakan pemberian layanan yang terbaik bagi para stakeholder khususnya wali murid; (2) kepala sekolah sebagai manajer berperan agar kemampuan wali murid dalam menguasai media pembelajaran meningkat setelah adanya edukasi, maka kepala sekolah mengarahkan dengan seksama, kemudian mengevaluasi setiap hasil dan mengamati perkembangannya; (3) Kepala SDIT Al Furqon sebagai inovator memberikan wawasan terkait apa saja metode dan media yang akan digunakan selama pandemi berlangsung.

Kata Kunci: Kepala Sekolah, Sumber Daya Manusia (SDM), Wali Murid

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Umi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:31
Last Modified: 06 Jul 2022 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20352

Actions (login required)

View Item View Item