...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo

Ardiansyah, Dedi (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Implementasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran IPS Di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180050_Dedi_Ardiansyah_Tadris_IPS[1].pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ardiansyah, Dedi. 2022 Penanaman Nilai-Nilai Sikap Sosial Dalam Membangun Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Ips Di Mts Darul Huda Mayak Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Muhammad Widda Djuhan, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci : Implementasi,Nilai-Nilai,Karakter

Peserta Didik Berbeda-Beda Dalam Bakat Atau pembawaannya, terutama karena pengaruh lingkungan sosial yang berlainan. Hakikat pembelajaran IPS yang bertujuan membantu siswa menjadi warga negara yang baik dan memiliki kecerdasan sosial dalam memaksimalkan perannya di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Mata pelajaran IPS diharapkan mampu menjadi jembatan pendidik untuk menyelamatkan sekaligus menjaga nilai-nilai karakter siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Peserta didik kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo memiliki keberagaman individu yang besar, sehingga mendorong peneliti meneliti lebih lanjut. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran IPS yang dilakukan guru untuk menanamkan sikap sosial pada siswa kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui gambaran pada kegiatan pembelajaran IPS yang dilakuakn tenaga pendidik dalam menanamkan sikap-sikap sosial Dalam Membangun Karakter di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. 2) Untuk mengetahui hasil Hasil Penanaman Sikap-Sikap Sosial Dalam Membangun Karakter Melalui Pembelajaran IPS di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo
Untuk menjawab pertanyaan di atas penelitian ini menggunakan jenis penitian deskriptif yang dilakukan di MTs Darul Huda Mayak Ponorogo. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif (Kualitatif Deskriptif). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Darul Huda Mayak dan guru IPS Kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo pembelajaran IPS. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk itu, instrument yang dibuat berupa pedoman observasi untuk guru dan siswa, pedoman wawancara untuk guru, angket untuk siswa, dan pedoman pelaksanaan analisis dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS dapat ditanamkan dengan strategi pembelajaran IPS yang digunakan guru, kemampuan guru dalam memberikan contoh sikap interaksi yang baik kepada siswa baik di dalam kelas maupun di luar kelas, dan ketika memberikan kalimat-kalimat positif yang mengandung nilai sikap sosial di awal pembelajaran. Selain itu terlihat pula dari penggunaan media pembelajaran IPS dan alat evaluasi yang digunakan guru untuk menilai sikap sosial siswa. Sikap sosial siswa kelas VIII yang tampak adalah Kejujuran, Sopan santun, toleransi, Disiplin diri, dan Tolong menolong. Sedangkan yang kurang tampak adalah Sub. Indikator dari Kejujuran 1) Tidak berbuat curang pada saat mengerjakan tugas, dan Sub. Indikator dari Disiplin diri 2) Melaksanakan kewajiban piket kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Widda Djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:59
Last Modified: 06 Jul 2022 05:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20349

Actions (login required)

View Item View Item