Korelasi Antara Peran Guru dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo

Cahyaningtyas, Novidasari (2022) Korelasi Antara Peran Guru dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180027_NOVIDASARI CAHYANINGTYAS_TADRIS IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Peran seorang guru merupakan komponen yang sangat penting dalam pendidikan, guru menjadi penentu dalam peningkatan mutu pendidikan. Peran guru akan berpengaruh terhadap proses pendidikan di sekolah guna meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa ini merupakan indikator penting sebagai keberhasilan seorang guru maupun siswa dalam kegiatan pembelajaran. Adapun faktor lain yang berhubungan dengan hasil belajar adalah pola asuh orang tua, lingkungan keluarga atau pola asuh orang tua memiliki peranan sangat penting dalam keberlangsungan pendidikan anak. Secara umum, jika anak mendapatkan pola asuh yang baik maka cenderung memiliki kebiasaan baik dalam kehidupannya yang nanti juga berimbas pada pendidikan anak terutama hasil belajar yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui tingkat korelasi peran guru terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo, (2) untuk mengetahui tingkat korelasi pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo, (3) untuk mengetahui tingkat korelasi peran guru dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 153 siswa dan diambil 61 siswa untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan analisis data korelasi product moment (korelasi Pearson) dan korelasi berganda.
Berdasarkan dari hasil penelitian dapat diketahui 1) nilai rx1y = 0.387, maka ada korelasi yang signifikan antara peran guru terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. 2) nilai dari rx2y = 0.318, maka artinya ada korelasi yang signifikan antara pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo. 3) Dari hasil penelitian diperoleh nilai korelasi antara peran guru dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa yang dihitung dengan koefisien korelasi yaitu mendapat hasil 0.518, hal ini menunjukkan tingkat korelasi cukup kuat. Sedangkan kontribusi atau sumbangan secara simultan variabel peran guru dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa adalah 26,8% sedangkan 73,2% ditentukan oleh variabel lain. Maka dapat disimpulkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara peran guru dan pola asuh orang tua terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri 1 Mlarak Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 Jul 2022 00:56
Last Modified: 06 Jul 2022 00:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/20348

Actions (login required)

View Item View Item